Bupati : 25 Micro Bus yang Didatangkan Jadi Milik Pemda Mimika

Rombongan saat meninjau venue Panjat Tebing

MIMIKA, BM

Sebanyak 67 bus telah didatangkan dari Jakarta ke Mimika menggunakan Kapal Dharma Rucitra 1 pada pukul 06.00 Wit, Sabtu (28/8).

67 bus yang didatangkan ini terdiri atas 13 long bus, 29 medium bus dan 25 micro bus.

Bus-bus ini akan digunakan sebagai akomodasi dan trasportasi pada pegelaran even PON XX Papua Tahun 2021 di Kabupaten Mimika.

Kepada BeritaMimika, Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Kantor Sub PB PON Cluster Mimika mengatakan dari jumlah 67 bus, sebanyak 25 akan menjadi milik Pemda Mimika.

"25 micro bus ini dihibahkan ke kita. Kalau kita mau yang sisanya juga maka kita harus surati ke kementerian perhubungan dan kita harus membayarnya," ungkapnya.

Sementara itu pada konferensi pers yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dan Bupati Eltinus Omaleng di room press PB PON Cluster Mimika, permintaan bus juga dikemukakan oleh wartawan.

Wartawan BeritaMimika kepada Menpora Zainudi Amali meminta agar bus yang nantinya dikembalikan ke Jakarta diberikan kepada Mimika.

"Pak Menteri kenapa hanya 25 micro bus saja yang dihibahkan kepada Pemda Mimika? Kenapa tidak semuanya saja? Mimika sangat membutuhkan kendaraan seperti ini untuk masyarakat. Kami juga beberapa agenda daerah di depan. Bisakah bapak menteri melobinya ke kementerian perhubungan untuk hal ini?," tanya wartawan BM.

Menpora Zainudi Amali kemudian menanggapi pertanyaan tersebut. Ia mengatakan urusan bus yang didatangkan di PON Papua merupakan urusan Kementerian Perhubungan.

"Nanti saya akan sampaikan ke kementerian tapi saya belum mendengar bahwa bus akan ditarik. Setahu saya sih tidak tapi kalau memang seperti itu maka saya akan sampaikan ke menteri perhubungan agar semua bus ini ditinggalkan untuk Mimika," ujarnya.

"Saya setuju untuk tidak ditarik lagi karena kalau sudah diberikan untuk kegiatan di sini maka semuanya ditinggalkan. Saya akan bantu perjuangkan ini," ungkapnya.

Pada konferensi pers ini, wartawan juga meminta agar Menpora Zainudi Amali memberikan pernyataan tegas bahwa Mimika apakah telah siap sebagai tuan rumah PB PON XX Papua atau tidak.

"Apa yang saya lihat di Timika bersama kapolri dan panglima TNI serta dengar laporan dari pemerintah daerah, maka saya nyatakan bahwa cluster Mimika sudah siap, siap, siap untuk menggelar PON. Selain itu Pernyataan panglima TNI dan kapolri juga sudah sangat jelas bahwa Mimika sudah siap," ungkapnya.

Sebelum melakukan konferensi pers di Kantor Sub PB PON Cluster Mimika, Menpora Zainudi Amali bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengunjungi venue panjat tebing dan Mimika Sport Complex yang menyelenggarakan cabor basket dan atletik.

Dalam kunjungan ini, rombongan didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Sekda Michael Gomar, Ketua Harian PB PON Cluster Mimika Marten Paiding dan Sekretaris Cesar A Tunya bersama sejumlah badan pengurus dan pimpinan OPD Pemda Mimika. (Ronald)

 

Top