Gempa 1 Detik, Gemparkan Suasana Malam di Mimika

Lokasi Gempa barusan yang dikirimkan BMKG, Sabtu (28/8)

MIMIKA, BM

Warga Mimika barusan dikagetkan dengan gempa yang terjadi sekitar pukul 01.21 Wit, Sabtu (28/8). Gempa ini kemudian membuat sebagian orang mulai ramai membicarakannya di group-group media sosial terutama whatsaap.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika, Okto Firdaus Fajri Rianto saat dihubungi BeritaMimika usai kejadian membenarkan gempa tersebut.

"Iya benar barusan terjadi gempa di Timika dan saat ini kami lagi menunggu laporannya dari Jayapura," ujarnya ketika dihubungi melalui telepon.

Walau masih menunggu laporan pasti namun ia memperkirakan kekuatan gempa tersebut sebesar III Modified Mercalli Intensity (3 MMI).

"Berdasarkan yang kita rasakan besarnya 3 MMI jadi terasa seperi kendaraan besar lewat dan lemari bergoyang. Ada skalanya. Belum bisa dipastikan gempa itu dekat dengan kita karena harus dilihat kedalamannya," ungkapnya.

Ia menghimbau agar warga Mimika jangan panik dengan gempa tersebut namun ia berharap warga tetap waspada.

"Tetap tenang, jangan panik. Namun harus menjauh dari rumah atau bangunan yang sudah tua kalau ada di tempat seperti itu," ungkapnya.

Namun sebelum berita ini di publish, Kepala BMKG Mimika kemudian mengirimkan kepada BeritaMimika terkait info data gempa yang barusan ia dapatkan dari Jayapura.

Info Gempa Mag: 4.5 SR, 28-Aug-21 01:19:25 WIT, Lok: 4.65 LS-137.01 BT (58 Km TimurLaut MIMIKA-PAPUA), Kdlmn: 21 Km , dirasakan III MMI di Timika :: BMKG.

"Kalau yang saya sampaikan MMI itu berdasarkan perkiraan yang dirasakan. Data yang barusan dikirimkan ini berdasarkan alat baca. Gempa barusan kekuatannya 4,5 skala ritcer, kedalaman 10 kilometer yang merupakan termasuk gempa dangkal. Makin dangkal maka efeknya makin dirasakan. Kalau diatas 6 skala ritcher biasanya bangunan retak. Untuk info resminya nanti akan kami sampaikan besok," jelasnya. (Ronald)

Top