Lima Catatan Dari Rapimpurda KNPI Papua ke-15 di Timika

Pembukaan Kegiatan Rapimpurda di Timika, Senin (13/9)

MIMIKA, BM

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua menggelar Rapat Pimpinan Purna Derah (Rapimpurda) KNPI ke-15.

Rapimpurda KNPI ke XV mengusung tema "Satukan Pemuda, Sukseskan PON XX 2021"
dimulai Senin (13/9) hingga Rabu (15/9) di Hotel Horison Diana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajriansyah, Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzale Wanimbo, Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten Mimika, Michael Gomar, dan Ketua - ketua DPD KNPI se-Provinsi Papua.

Noer Fajriansyah berpesan agar Rapimpurda ini harus berjalan sukses, termasuk mensukseskan Musda KNPI yang mana minimal bisa melahirkan ketua dan badan lengurus yang mampu mengimbangi pengurusan KNPI.

"Saya berharap KNPI mulai hari ini betul-betul menginstruksikan untuk sukseskan vaksin dengan menggandeng TNI-Polri yang ada di tanah Papua ini, karena TNI-Polri juga butuh sinergi dengan KNPI," tutur Noer.

Noer juga berpesan agar pemuda pemudi yang tergabung dalam organisasi Cipayung dan Papua aktif mengikuti kegiatan sosial sebagai wahana pembelajaran.

"Mari kita sukseskan PON, tunjukkan wajah Papua. Tunjukkan bahwa pemuda Papua bisa," kata Noer.

Ia juga menyinggung rencana pemilihan Ketua KNPI pada musda nanti. Noer mengatakan, bahwa pemilihan Ketua KNPI jangan karena faktor 'U' tapi pekawanan adalah segalanya.

"Jika komitmen ini di pegang, walau kaya, miskin dan lainnya pasti tetap akan setia. Saya harap di Papua ini memilih ketua ke depan dikarenakan dia punya visi besar yang memajukan pemuda Papua sehingga jangan sampai Ketua KNPI di sini kalah pamor dengan daerah yang lain," ungkapnya.

Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Albertho Gonzale Wanimbo mengatakan Rapimpurda merupakan hajatan Organisasi yang harus dilaksanakan untuk bisa mensuksekan rapat musyawarah daerah (Musda) mulai dari tanggal pelaksanaan hingga tempat kegiatan.

"Kami harap OKP mendaftarkan diri untuk diregistrasi. Organisasi kepemudaan yang baru juga bisa bergabung untuk jadi peserta musda dengan status peninjau," katanya.

Dikatakan, saat ini akan ada rumah besar pemuda di Provinsi Papua dengan kemegahan bangunannya mencapai tujuh lantai.

Alberto berharap, dengan adanya rumah besar pemuda ini bisa menjadi rumah bersama agar pemuda dapat berkolaborasi dan berkreasi.

"Harapan kami, semua OKP yang belum punya sekretariat bisa bergabung bersama," pungkasnya.

DPD KNPI Mimika mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas kesempatan yag diberikan sehingga Mimika menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Rapimpurda di kabupaten Mimika.

"Tentunya bahwa kesempatan dan kepercayaan ini sudah melalui pertimbangan yang matang sehingga Mimika mendapat kepercayaan untuk melaksanaan kegiatan Rapimpurda di Papua secara khusus di Mimika," ujar Ketua DPD KNPI Mimika, Michael R Gomar.

Lebih lanjut Gomar mengatakan bahwa sebagian besar pemuda setanah Papua terutama di Mimika terlibat langsung dalam PON.

Menurutnya, ini juga menjadi kebanggaan karena pengurus KNPI, OKK dan OKP terlibat langsung dalam perekrutan relawan PON sehingga ke depan mereka akan menjadi kader-kader masa depan.

"Pemuda di Mimika saat ini adalah pemimpin masa depan untuk membangun tanah Papua. Pemuda pemudi harus tetap bersatu, harus belajar untuk lebih dewasa, mengembangkan kreativitas, inovasi dan mengikuti transformasi yang ada," ujarnya.

Menurut Gomar, organisasi ini tidak bisa berjalan sendiri dan harus lebih berinovasi, berkarya melaui kegiatan dan program pemuda sehingga dapat mendukung seluruh pemuda-pemudi di tanah Papua untuk ikut membantu memberikan kritikan yang konstruktif dalam rangka pembangunan dan juga penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten dan kota. (Shanty)

Top