1.909 Karyawan PTFI Sudah Terpapar Covid-19

Vice President Goverment Relation PT Freeport Indonesia, Jonny Lingga

MIMIKA, BM

Sejak Maret 2020 hingga 14 Februari 2021, sebanyak 1.909 karyawan PT Freeport Indonesia telah terpapar Covid-19.

Namun dari jumlah ini, sebanyak 1.855 atau 97 persen karyawan dinyatakan sembuh. Kasus aktif hingga 14 Februari hanya menyisahkan 49 pasien.

Dari 61 pasien, 32 dirawat di highland sementara 17 di lowland. 17 di lowland, 3 merupakan satgas Amole.

Untuk kasus kematian, sejauh ini hanya 5 pasien dan kasus kematian terakhir terjadi pada 15 September 2020 lalu.

Sementara itu, jumlah kumulatif Rapid Test (Antigen + Antibodi) yang telah digunakan PTFI sebanyak 137.697, sementara PCR Test 32.809.

"Saat ini tidak ada pasien yang dirawat di rumah sakit, semuanya diisolasi di barak. Beberapa waktu terakhir ini jumlah kesembuhan lebih banyak dari jumlah pasien baru. Pasien positif sekarang tinggal 49 namun sejauh ini bisa dikontrol dan tidak tergolong berat," ujar Vice President Goverment Relation PT Freeport Indonesia, Jonny Lingga kepada BeritaMimika, pagi ini.

Sementara itu terkait dengan pemberian vaksin sinovac, Jonny Lingga mengatakan yang baru menerima vaksin adalah tenaga kesehatan.

"Kita punya ada sekitar 300-an tenaga kesehatan. Baru 230 yang sudah terima vaksin sinovac dan saat ini kita belum dapat jatah lagi," ungkapnya kepada BM.

Diakuinya, PTFI akan melakukan pemesanan vaksin sebanyak 60 ribu yang nantinya diperuntukan bagi 30 ribu karyawan beserta keluarganya namun hingga kini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kemeneterian Kesehatan terkait ketersediaan vaksin sinovac.

"Kita kordinasi terus namun belum dapat kepastian untuk vaksin bagi karyawan kami. Kami masih menunggu persetujuan dari Kemenkes," ujarnya. (Ronald)

Top