4 Tahun Mengabdi dan Sukses di Mimika, Jesaja Samuel Enock Pindah ke Bali

 

Proses serah terima jabatan dari Jesaja Samuel Enock kepada Agus Purwanto

MIMIKA, BM

Jesaja Samuel Enock telah empat tahun menjabat sebagai Kepala Imigrasi Kelas II TPI Mimika dan terhitung mulai Senin (22/2) dipindahtugaskan sebagai Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus PPI Ngurarai, Provinsi Bali.

Posisinya kini digantikan oleh Agus Purwanto yang sebelumnya juga menjabat sebagai Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus PPI Ngurarai, Provinsi Bali.

Proses Serah Terima Jabatan (Sertijab) ini dilakukan di aula Kantor Imigrasi Kelas II Mimika yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba.

Mathius mengungkapkan, mutasi, rotasi dan promosi menjadi hal yang sudah biasa berlangsung dalam sebuah organisasi, termasuk di Kantor Wilayah Kemenhunkam Papua.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengembangan kompotensi dan kepemimpinan serta sebagai upaya untuk terus melakukan pencapaian kinerja pada unit kerja.

Mathius juga mengatakan sertijab di Kantor Imigrasi Kelas II Mimika merupakan rangkaian dari pelantikan yang sebelumnya juga telah dilakukan di Jayapura dan Merauke pada 18 Februari, pekan lalu di Jayapura.

"Saya dan kepala divisi keimigrasian serta beberapa pejabat hadir disini karena kami sudah melihat dan merasa bangga atas apa yang telah dicapai Jessaja Samuel Enock selama kurang lebih 4 tahun memimpin Kantor Imigrasi Kelas 2 Mimika," ungkapnya.

Menurutnya, semua totalitas pengabdian dan pelayanan yang sudah dilakukan telah membentuk sinergitas dan kolaborasi sebagai sebuah nilai dalam menata kinerja di kantor ini.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pak Jessaja dan ibu jois (ketua Dharmawanita) yang sudah bekerja dan mengabdi di Mimika. Saya berkeyakinan suatu saat Pak Jessaja akan kembali lagi ke Papua dengan kedudukan dan jabatan yang lebih tinggi," ujarnya.

Mathius juga memberikan pujian karena Kantor Imigrasi Kelas II Timika adalah satu-satunya Kantor Imigrasi yang memiliki poliklinik. Ia merasa bangga karena poliklinik ini tidak hanya melakukan pelayanan kesehatan kepada para pegawai namun juga masyarakat sekitar.

"Kehadiran klinik ini tentu memiliki dampak positif dari upaya kita mendekatkan pelayanan dan tugas-tugas keimigrasian kepada masyarakat terutama dalam pengawasan maupun pelayanan paspor kepada WNA maupun WNI," katanya.

Kepada Kepala Imigrasi Kelas II TPI Mimika yang baru, Agus Purwanto, ia juga juga mengucapkan selamat datang dan berkarya di Timika.

Kakanwil Mathius juga mengatakan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika saat ini merupakan mantan pegawai kantor Imigrasi Mimika.

Sebelum menjabat Kepala Imigrasi Mimika, Agus Purwanto dulu menjabat sebagai kepala seksi sehingga sertijab ini ia sebutkan dengan istilah orang lama, staf baru.

"Pak Agus dan rekan- di Kantor Imigrasi Kelas I Ngurarai sudah memperoleh predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 2020. Kami berharap, di bawah kepemimpinan Pak Agus, Kantor Imigrasi Kelas II Mimika juga bisa memperoleh WBK di tahun ini," harapnya.

Ia juga mengingatkan semua pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika agar selalu bekerjasama, membangun sinergi dan terus berkolaborasi dalam tugas dan tanggungjawab sebagai pegawai Kemenhunkam.

"Mari kita tunjukan semangat kerja yang baik dan sungguh-sungguh karena kita percaya bahwa masa depan dan karir kita semua berada dalam tangan Tuhan. Kerja saja dan lakukan semuanya dengan baik dan benar karena untuk mencapai kesuksesan, semua dimulai dari diri kita," ujarnya mengingatkan. (Ronald)

Top