Kelola Rp7 Miliar, Kepala Imigrasi Mimika Tegaskan Hal Ini

Suasana rapat di Kantor Imigrasi Mimika

MIMIKA, BM

Kantor Imigrasi Mimika tahun ini mengelola anggaran DIPA sebesar Rp7 miliar. Anggaran ini nantinya digunakan untuk belanja pegawai, belanja modal dan barang.

Penyampaian besaran DIPA dan rencana program kerja tahun 2021 Kantor Imigrasi Mimika ini disebutkan dalam Rapat Disbursment Plan dan Kalendar Kerja Tahun 2021.

Rapat dipimpin Kakanim Mimika Jesaja Samuel Enock dan dihadiri Kasubag TU, Kasi Inteldakim, Kasi Tikim, Kasubsi Lantaskim, Kasubsi Intelijen serta Kasubsi Penindakan dan Kaur Keuangan.

Pembukaan rapat diawali dengan penyampaian Rencana Kerja dan Disbursmen Plan dari Bagian Tata Usaha yang disampaikan oleh Kasubbag TU, Salomina Rumbiak.

Selanjutnya oleh seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim). Dari dana Rp7 miliar, disebutkan bahwa seksi ini akan mengelola Rp1,4 untuk membiayai beberapa kegiatan.

Diantaranya koordinasi timpora, operasi mandiri, operasi gabungan, penyelidikan intelijen, Tindakan Administratif Keimigrasian pendetensian, pendeportasian serta penyidikan keimigrasian.

Pada tahun ini seksi Inteldakkim juga berencana menambah satu kegiatan yakni koordinasi penguatan penegakan hukum antar instansi, guna memperkuat dan mengimplementasikan hasil perjanjian kerjasama dengan Kejari Mimika tahun lalu .

Pemaparan selanjutnya dari Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikkim). Seksi Tikkim pada tahun ini mengelola Rp470 juta.

Program kegiatan yang dilakukan adalah pemeliharaan kesisteman, instalasi jaringan kesisteman, pemeliharaan hardware, pembelian tinta dan printhead paspor, pengelolaan website, pengukuran indeks kepuasan masyarakat serta pengembangan aplikasi KAMI IWAKA (Kanim Mimika Informasi Whatsapp Keimigrasian).

Ditegaskan pula, karena masih berada dalam suasana pandemi Covid-19 maka penyebaran informasi akan lebih dioptimalkan melalui media online. Kegiatan sosialisasi Paspor maupun Izin Tinggal juga akan dilaksanakan secara daring, baik melalui meeting zoom maupun media sosial.

Sementara dalam hal pengelolaan website akan dilakukan update layout dan konten yang lebih informatif dan lebih menarik, selanjutnya untuk survey indeks kepuasan masyarakat akan dilanjutkan seperti tahun sebelumnya.

Pemaparan program kerja 2021 di Kantor Imigrasi Mimika yang terakhir disampaikan dari Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan (Lantaskim).

Di 2021, Seksi Lantaskim akan melakukan 6 kali layanan Eazy Paspor setiap 2 bulan sekali dan akan melaksanakan layanan Paspor Simpatik setiap akhir bulan. Untuk Eazy Paspor akan dilaksanakan di Distrik Kuala Kencana dan Kantor Pemda Mimika.

Setelah semua seksi selesai memaparkan program kerja mereka, Kepala Kantor Imigrasi Mimika, Jesaja Samuel Enock menegaskan beberapa hal yang harus digarisbawahi jajarannya.

"Saya ingin agar semua seksi dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam mencapai target kinerja. Setiap kegiatan yang sudah direncanakan harus dapat dikembangkan dan direalisasikan terkait perjanjian kerjasama dalam meningkatkan fungsi pengawasan," ungkapnya.

Terkait penegakan hukum catatan keimigrasian, Jesaja mengingatkan jajarannya agar segera meminta pengesahan dari pengadilan terkait barang bukti yang selanjutnya dibuatkan dalam bentuk blanko.

Ia juga meminta pengasawan keimigrasian untuk memfokuskan pengawasan di bandara terhadap orang asing yang masuk dengan pesawat komersial.

Kakanim menambahkan dalam melaksanakan penegakan hukum kaitannya dengan UU Nomor 6 tahun 2011, Projustitia dan Tindakan Administratif Keimigrasian prosesnya harus cepat diatangani sehingga ada kepastian.

Selain itu Kakanim meminta bidang teknologi informasi agar terus mengembangkan penyebaran informasi di media sosial dan website Imigrasi Mimika.

"Penyebaran informasi Imigrasi harus dilakukan secara update dengan inovasi yang baik sehingga mudah dimengerti dan tersampaikan kepada masyarakat," ujarnya sambil menutup rapat awal tahun. (Red)

Top