Gunawan Sampaikan Makna Shio Kerbau Logam pada Imlek 2021

Shio Kerbau, Tahun Baru Imlek 2021 (Foto Google)

MIMIKA, BM

Warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Mimika hari ini, Jumat (12/2) merayakan Perayaan Gong Xi Fa Cai atau Tahun Baru Imlek Tahun 2021.

Momentum perayaan tahun ini tidak seperti tahun kemarin karena pandemi Covid-19 sehingga di Mimika tidak dirayakan secara bersama-sama.

Gunawan, Ketua Kerukuanan Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) Kabupaten Mimika menyampaikan makna Gong Xi Fa Cai tahun ini kepada BeritaMimika.

Dikatakan melalui sambungan telepon siang ini, ia mengatakan menurut penanggalan shio, tahun 2021 merupakan tahun Shio Kerbau Logam.

"Shio ini menandakan bahwa tahun ini kita harus hati-hati dengan kondisi yang ada, kita harus efisien dan esktra kerja keras," ungkapnya kepada BeritaMimika.

Selain karena situasi covid, Gunawan juga menuturkan bahwa ada perbedaan yang sangat mencolok pada perayaan Imlek tahun ini.

Dikatakan, setiap akan memasuki Tahun Baru Tionghoa, tanda alam yang selalu terlihat nyata adalah turunnya hujan disertai angin. Namun sejak dua hari lalu hingga Imlek hari ini, di Mimika hal ini tidaklah terjadi.

"Sebab menurut penanggalan sejarah, sering turun hujan tapi untuk tahun ini saya amati di Mimika ini tidak terjadi, bahkan sejak kemarin hingga hari ini, panasnya begitu menyengat. Ini merupakan sebuah pertanda alam," ujarnya.

"Hanya saja sebagai orang beriman, kita harus tetap berdoa dan bersyukur dengan kondisi yang ada. Kita mau percaya atau tidak, tapi biarkan semua mengalir apa adanya. Tetap syukuri semuanya dengan iman yang kita miliki," ungkapnya.

Pada momen Imlek tahun ini, Gunawan juga menyampaikan beberapa hal terkait perayaan dan harapan HPKT Kabupaten Mimika khususnya kepada warga Tionghoa.

"Saat ini dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. Sesuai keputusan bersama pengurus HPKT untuk Imlek ini tidak dirayakan tetapi sebelumnya kami rayakan dengan melakukan kegiatan sosial memberikan bantuan sembako, bagi masker, APD serta obat-obatan," ujarnya.

Gunawan menghimbau seluruh masyarakat Mimika terutama masyarakat Tionghoa agar selalu mematuhi anjuran pemerintah pusat dan daerah tentang 3M yakni mencuci tangan, jaga jarak dan gunakan masker.

"Khusus kepada warga Tionghoa, kami hampir 80-90 persen di Timika adalah pengusaha. Saya himbau kita tetap jaga kestabilan harga sembako, bangunan dan eletronik. Kita harus menaati dan memenuhi semua aturan Perda maupun perizian yang menyangkut masalah perpajakan. Jangan lupa untuk membayar SPPT karena ini adalah kewajiban kita sebagai WNI," himbaunya.

Ia juga mengingatkan warga Tionghoa di Mimika agar tetap menjaga kebersamaan, kantibmas dan kekompakan dengan setiap kerukunan yang ada di Mimika. HPKT juga tergabung dalam Forum Pambaruan Kebangsaan.

"Selamat merayakan Impek, semoga apa yang dikerjakan dan dicita-citakan di taun ini sukses dan berhasil. Tuhan memberkati Kita semua," doanya. (Ronald)

Top