Kabar Gembira, Minggu Depan Mesin PCR RSUD Sudah Dapat Digunakan

dr Antonius Pasulu saat menggunakan APD Hazmat 

MIMIKA, BM

Kabar gembira bagi masyarakat Mimika, selain PT Freeport Indonesia, ternyata Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika juga telah memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang telah dibeli sejak tahun 2014.

Bahkan mesin atau alat PCR yang dimiliki RSUD ini memiliki level yang sama dengan yang dimiliki Provinsi Papua dan PT Freeport.

PCR yang dimiliki RSUD saat ini akan diaktifkan untuk pemeriksaan virus corona, yang mana sebelumnya digunakan untuk mendeteksi virus lainnya seperti HIV, Hepatitis dan lain-lain.

“Kami sudah komunikasi dengan teknisi laboratorium, mudah-mudahan bisa mendarat disini hari Rabu atau Kamis. Jadi minggu depan, mungkin Selasa kita sudah bisa gunakan,” ujar Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu kepada BeritaMimika, Senin (18/5).

Keberadaan alat ini akan semakin membantu Tim Dokter Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Mimika dalam melakukan pemeriksaan virus corona.

Keberadaan alat ini juga membantu percepatan deteksi virus karena tim tidak lagi mengirimkan sample spesimen atau lendir tenggorokan pasien positif Covid-19 ke Jayapura. Semua sudah dapat dilakukan di Mimika.

“Kita tinggal menunggu teknisi datang membawah reagennya dan langsung menginstalnya. Yang kita punya ini real time PCR jadi bisa 100-200 sekali pemeriksaan,” ungkapnya.

Untuk perizinan, dr Pasulu mengatakan sudah tidak ada kendala. Hanya saja pengoperasian alat ini juga harus disesuaikan dengan SDM operator dan petugas medis yang akan mengoperasikannya.

“Perizinannya sudah dan tidak ada kendala, tinggal di instal langsung kita gunakan. Harapan kami semoga alat PCR nanti dapat membantu kita semua untuk menanggulangi dan memerangi Covid-19 di Mimika,” ujarnya. (Ronald

 

 

 

 

 

Top