Tiga Kasus Baru di Mimika Berasal Dari Distrik Wania, Penularan Cluster Lembang

Update terbaru jumlah kasus Covid-19 di Mimika (Jumat 1/5)

MIMIKA, BM

Hingga Jumat (1/5) malam, pukul 20.00 Wit, terjadi penambahan 3 kasus baru pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mimika. Dengan demikian, secara kumulatif jumlah pasien Covid-19 di Mimika kini menjadi 67 orang.

Tiga kasus baru yang dilaporkan RSUD Mimika adalah pasien 065 inisial inisial ADF (L, 39) alamat BTN Komoro Jaya. Pasien ini memiliki hubungan erat dengan kasus sebelumnya yakni pasien positif 005 (LBH).

Pasien kedua atau 006 inisialnya YNP (L, 48) beralamat Jalan Serayu Kelurahan Komoro Jaya. Ia terinfeksi karena pernah melakukan kontak erat dengan pasien 031 (IMS).

Sementara pasien 067 dengan inisial DTP (P, 15) alamatnya di Jalan Hasanuddin dan terinfeksi karena melakukan kontak erat dengan pasien 020 (HRP).

“Tiga kasus baru ini semuanya dari Distrik Wania dan penularanya dari Cluster Lembang. Total pasien secara kumulatif hingga malam ini adalah 67 pasien, perawatan 51, sembuh 13 dan meninggal 3 orang,” ungkap Reynold Ubra, Juru Bicara Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Mimika, Jumat (1/4) malam.

Ia mengatakan dari 51 kasus aktif ini, semuanya menjalani perawatan di rumah sakit. RSUD merawat 22 sementara RS Tembagapura 29 orang.

Reynold juga melaporkan bahwa timnya hari ini menemukan 2 PDP baru dari RS Tembagapura (1) dan Puskesmas Iliale (1). Satu diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini empat PDP juga dinyatakan sembuh dan selesai masa pengawasan. Jadi total PDP sekarang 70 orang. PDP yang dirawat berjumlah 39 orang. 5 di RSUD, 6 RSMM dan 28 di RS Tembagapura,” ujarnya.

Dengan dikeluarkannya tiga kasus positif baru, Reynold mengatakan hingga saat ini masih tersisa 29 sample yang masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium di Jayapura.

Temuan OPD Tim Gugus Tugas di Jumat awal Maret ini berjumlah 4 orang. 2 merupakan temuan RSUD, 1 RS Tembagapura dan 1 lainnya dari Puskesmas Wania.

“Hari ini juga 1 ODP terkonfirmasi positif covid-19. 6 ODP sembuh dan selesai masa pemantauan. Jadi total yang sudah sembuh 10 orang. Hingga malam ini ODP totalnya ada 276 orang. Sementara yang masih di rawat di shelter 6 orang,” terangnya.

Sementara untuk OTG, temuan hari ini ada 7 orang dan semuanya berasal dari Puskesmas Wania. Hari ini juga 14 orang OTG selesai masa pemantauan.

“Jadi secara keseluruhan hari ini ada 24 orang dinyatakan selesai dan sehat. PDP 4 orang, ODP 6 orang dan 14 OTG,” ungkapnya.

Selain itu, Mimika juga mendapatkan kabar gembira karena ada tiga pasien positif Covid-19 RS Tembagapura dinyatakan sembuh. Hanya saja laporan resminnya belum sampai ke Tim Gugus Tugas Pemda Mimika.

“Tiga pasien ini sudah dinyatakan sembuh namun kami masih menunggu laporan resminya. Hasil swab pertama mereka negatif sehingga tinggal menunggu hasil swab kedua. Biasanya kalau negatif di swab pertama maka peluang negatif juga di swab kedua. Kita semua doakan agar mereka pulih dan segera bisa berkumpul lagi bersama keluarga,” harapnya. (Ronald)

Top