Mimika Kini Miliki Mobil Penyapu Jalan dan Pemadat Sampah

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob saat melaunching dua armada dihalaman kantor DLH Kabupaten Mimika.

MIMIKA, BM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menambah dua armada, yakni mobil Road Sweeper (penyapu jalan) dan mobil Compactor.

Dua kendaraan ini dibeli guna mempermudah dan mengevisiensi pekerjaan di lapangan bagi petugas kebersihan lingkungan. 

Untuk pengoperasiannya, dua armada tersebut sudah dilaunching Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Kamis (8/12/2022) di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Plt Bupati Mimika memberikan apresiasi kepada DLH yang telah berusaha terus bagaimana caranya memperbaiki semua aspek-aspek demi kesehatan masyarakat di Mimika.

"Artinya dengan alat-alat yang dilaunching ini memberikan tambahan jangkauan dalam penanganan kebersihan lingkungan,"ungkapnya.

Untuk penanganan sampah demi kesehatan, mantan Kadishub berharap tidak hanya di tiga distrik dalam kota (Mimika Baru, Wania dan Kuala Kencana) tapi harus bertambah.

"Karena sesuai laporan kadis saya kira kita selama ini sudah melaksanakan penanganan sampah di semua distrik, ternyata baru 3 distrik. Kalau hanya dengan 3 distrik dan menghasilkan 95 ton sampah perhari itu ngeri juga dan ini merupakan sumber baru,"ucap John.

Oleh karena itu Plt Bupati mengajak untuk mencari sumber peluang baru ini. Dimana 95 ton perhari apakah bisa memberikan sesuatu yang baik untuk ekonomi bagi masyarakat.

"Kita coba bagaimana berpikir mulai merubah mindset masyarakat, supaya bukan dia membuang sampah tapi mencari sampah. Hal ini seperti yang saya lihat di Banyumas, disana ada bank sampah dan UMKM. Semua bekeja dengan giat dan seluruh masyarakat itu berusaha bagaiamana mencari sampah karena sampah ini jadi uang,"ujarnya.

Lanjutnya," Coba kita cari pola-pola ini sekaligus kita memberikan edukasi agar masyarakat sadar. Karena sampah bukan barang busuk tapi barang yang bisa menghasilkan uang. Daerah lain bisa kenapa kita disini tidak bisa,"sambung John.

Disampaikan Plt bahwa kebersihan lingkungan merupakan dasar dari kesehatan masyarakat. Maka dari itu ia berharap bersama-sama berusaha membuat Mimika lebih baik dalam persoalan lingkungan.

"Saya juga minta kepada para Lurah dan RT agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Karena banyak sekali sampah berserakan di kelurahan yang dibiarkan dan tidak dibersihkan," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Syahrial mengatakan, keberadaan dua armada ini berguna untuk mengevisiensi pekerjaan di lapangan.

"Truk penyapu jalan ini berfungsi untuk menyapu jalan serta penyedot sampah dan penyemprot agar memperindah jalan-jalan protokol di kota Mimika. Sedangkan fungsi mobil Compactor itu untuk memaksimalkan dalam pengangkutan sampah 3 kali lebih banyak," jelasnya.

Dengan adanya tambahan armada ini, kata Syahrial kemungkinan tahun depan tenaga sampah akan digeser ke arah pinggiran kota.

"Dalam penanganan sampah di kota saja DLH menghadapi berbagai persoalan. Salah satunya belum adanya kedisiplinan warga dalam membuang sampah sesuai dengan aturan yang ada. Jadi saya minta dukungan lurah-lurah untuk memberikan sosialisasi bagi warganya," ungkapnya. (Ignasius Istanto)

Top