Jelang Liburan Akhir Tahun, Antusias Masyarakat Terima Vaksinasi Covid-19 Meningkat

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Menjelang liburan akhir tahun, antusias masyarakat Kabupaten Mimika dalam menerima vaksinasi Covid-19 meningkat, terutama pada bulan November 2022.

Berdasarkan data Laporan Covid-19 yang diterima dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, jumlah cakupan vaksinasi dosis satu, dua, tiga, dan empat naik signifikan dari 1.251 pada bulan Oktober menjadi 5.138 pada bulan November.

"Bulan November jumlah cakupan vaksinasi kita meningkat. Dosis satu sebanyak 250, dosis dua 338, dosis tiga 4.011, dan dosis empat 584," ungkap Reynold saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (8/12/2022).

Melihat jumlah tersebut, jika dibandingkan dengan bulan Oktober, tentu sangat jauh perbedaannya, yang mana pada bulan Oktober, dosis satu hanya berjumlah 32, dosis dua 57, dosis tiga 1162, dan dosis empat sama sekali kosong (nol).

"Saya senang sekali bahwa antusias masyarakat Mimika untuk mendapatkan vaksinasi covid baik dosis satu, dua, kemudian booster satu, dua itu antusiasnya bagus. Dan kami tetap melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan di Provinsi supaya stok di Mimika tetap ada," katanya.

Menurut Reynold, kemungkinan antusias masyarakat saat ini mulai meningkat untuk menerima vaksinasi karena liburan akhir tahun sudah dekat.

"Kalau kita lihat antusias masyarakat yang beberapa bulan lalu kosong terus dua bulan terakhir. Ini mulai ada meskipun dengan stok yang terbatas. Itu karena kita juga takut jangan sampai stoknya banyak di Mimika, sedangkan di daerah lain butuh terus akhirnya tidak terpakai," tuturnya.

Disampaikan bahwa Dinas Kesehatan Mimika telah mendapatkan sebanyak 7.500 stok vaksin. Stok tersebut juga dibagikan ke beberapa fasilitas kesehatan, salah satunya di Tembagapura.

"Dosis keempat untuk di Tembagapura bagi tenaga kesehatan. Itu kan juga penting. Itu puskesmas-puskesmas yang di dalam kota pun untuk booster keempat bagi tenaga kesehatan," pungkasnya. (Endi Langobelen)

Top