Elpina Kogoya kembali Pimpin PMI Puncak Masa Bakti 2022-2027

Kegiatan dilangsungkan di Hotel Grand Mozza, Senin (12/9/2022)

MIMIKA, BM

Elpina Kogoya Wandik kembali dipilih memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Puncak masa bakti 2022-2027.

Pemilihan ini dilakukan pada musyawarah kabupaten PMI Puncak Papua yang berlangsung di Hotel Grand Mozza, Senin (12/9/2022).

Dalam sambutannya Elpina mengatakan bahwa pada masa bakti sebelumnya tentu ada banyak kekurangan, oleh sebab itu diperlukan kerjasama dan sinergitas antara PMI di setiap distrik untuk melaksanakan aksi kemanusiaan di Kabupaten Puncak Papua.

“Banyak yang harus kita lakukan terutama di distrik-distrik. Untuk menjangkau distrik di Puncak ada salah satu kekurangan yakni komunikasi dan transportasi. Walaupun dekat saja di belakang gunung, tapi hanya bisa dijangkau dengan pesawat,” katanya.

Pada momen ini Elpina juga mengaku bersyukur karena pemerintah Kabupaten Puncak selalu mendukung PMI di hampir semua kegiatan.

“Prinsip kemanusiaan penting sekali di PMI, jadi apa yang bisa kita lakukan untuk daerah jadi lebih baik, akan kami lakukan," ungkapnya.

Sementara itu sekretaris PMI Provinsi Papua, dr Raflus Doranggi meminta PMI Puncan agar segera membentuk kepengurusan di tingkat distrik.

"Untuk di tingkat distrik jumlah pengurus 11 orang, sedangkan di tingkat kabupaten jumlah pengurus 15 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan, sumber dana untuk kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan bisa didapatkan dari hibah pemerintah maupun usaha lain termasuk kerjasama dengan pihak swasta.

“Kalau Mimika ada ambulans darat, di Ilaga itu ambulans udara, mungkin ada pihak swasta yang mau sumbang pesawat atau helikopter,” kata dr Raflus.

Ia melanjutkan, untuk kegiatan seperti donor darah di Puncak mungkin belum bisa dilaksanakan, namun terkait hal ini ada rumah sakit yang selalu menyediakan  melayani masyarakat.

“Sudah ada rumah sakit yang tentu membutuhkan darah dan paling dekat dari Timika, jadi bisa koordinasi dengan PMI Timika,” pungkasnya. (Shanty)

Top