Beredar Info Stok Obat Malaria Menipis, Dinkes Mimika Nyatakan Terbalik



Kadis Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Persediaan obat malaria di Kabupaten Mimika, cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra saat dikonfirmasi BeritaMimika tentang informasi yang menyebutkan Mimika kekurangan obat malaria.

"Kita punya stok obat malaria masih cukup hingga bulan Maret dan masih sangat banyak. Tetapi tidak menutup kemungkinan pasti di Januari ini sudah ada permintaan stok obat malaria lagi ke Dinas Kesehata Provinsi Papua," terang Reynold Ubra.

Untuk banyaknya permintaan obat malaria, kata Reynold, tergantung sisa stok yang ada dan dilihat juga jumlah kasus malaria di Mimika.

"Kami sampai sekarang juga masih membantu satgas-satgas dalam pasokan obat malaria. Karena itu merupakan penjabaran dari pada surat keputusan bersama antara Panglima TNI dan Menteri Kesehatan seperti tahun 2010 atau 2012," Katanya.

Ia mengatakan, bahwa hal tersebut masuk dalam layanan kesehatan matra, pelayanan khusus untuk keamanan ataupun ada event-event tertentu sehingga akan di distribusikan.

"Itu kami lakukan karena mereka juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi kami dukung. Walau demikian, stok untuk masyarakat yang di Puskesmas, rumah sakit dan lainnya pun masih aman," ungkapnya.

Walau kasus malaria sudah mulai menurun, namun Dinkes Mimika meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan diri agar tidak terinfeksi penyakit malaria yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina.

Untuk menghindari penyakit malaria, kata Reynold, warga harus mencegah diri dari gigitan nyamuk.

Ia mengingatkan, saat warga ingin keluar rumah pada malam hari, harus menggunakan baju lengan panjang atau tetap tinggal di rumah mulai pukul 18.00 hingga pukul 6 pagi.

Selain itu juga harus menjaga lingkungan rumah tetap bersih sehingga tidak menjadi tempat perindukan nyamuk.

"Tempat-tempat yang potensial menjadi perindukan nyamuk seperti tempat penampungan air, bak mandi, air galon dan lainnya harus dibersihkan," harapnya. (Shanty

 

Top