Terabaikan, Tahun Ini Dinkes Fokuskan Pelayanan di Wilayah Pegunungan

Kadis Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika pada tahun 2022 ini akan mulai fokus lakukan pelayanan di wilayah pegunungan.

Pasalnya, sejak beberapa tahun terakhir ini tidak ada pelayanan kesehatan di wilayah pegunungan karena masalah keamanan yang tidak kondusif.

"Tahun ini kita fokus pelayanan pada 5 wilayah di pegunungan yakni Arwanop, Tsinga, Hoeya, Alama dan Jila," tutur Kadinkes Mimika, Reynold R Ubra saat ditemui, Jumat (7/1).

Reynold mengatakan, sebelum lakukan pelayanan di wilayah pegunungan Dinkes Mimika akan berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pihak keamanan untuk memastikan wilayah tersebut aman dan tidak ada gangguan apapun.

Hal tersebut dilakukan, kata Reynold, agar para petugas yang akan ditempatkan di 5 wilayah tersebut dapat bertugas dengan aman dan tidak lagi ada rasa takut.

"Keamanan memang menjadi isu utama, namun Dinas Kesehatan akan melakukan pendekatan dengan mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi dalam pelayanan kesehatan, termasuk aparat keamanan," katanya.

Katanya, Dinkes akan membuat rencana aksi kesehatan kampung bersama masyarakat setempat.

Soal transportasi sebut Reynold sudah aman. Karena, pihaknya telah menyiapkan anggaran khusus untuk para tenaga kesehatan sebesar Rp.3 miliar untuk mobilisasi dan sarana prasarana kesehatan.

"Anggaran sebesar tiga miliar itu bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) yang digunakan untuk mobilisasi tenaga kesehatan, sarana prasarana termasuk obat-obatan. Kalau Januari ini kontrak kerjasama sudah disepakati pelayanan di wilayah gunung segera dijalankan," ungkapnya. (Shanty)

Top