Terkait Covid-19 Omicron 'Warga Mimika Jangan Panik' Tetap Terapkan Prokes

Kadis Kesehatan Mimika, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Beberapa kasus Covid-19 varian Omicron kini telah ditemukan di Jakarta. Walau demikian, warga Mimika diminta jangan panik. Meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan adalah kuncinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, Rabu (5/1) menjelaskan pihaknya belum dapat mendeteksi gejala Covid-19 Omicron di Mimika.

Menurutnya, untu sementara ini, jika terdapat indikasi, maka sampelnya akan dikirimlan untuk diteliti di luar daerah.

"Kami tetap lakukan pemantauan perkembangan Covid-19 varian Omicron berdasarkan laporan harian dari rumah sakit yang ada. Salah satunya berdasarkan hasil tes PCR," ujarnya.

Menurut Ubra, jika dalam perkembangan, kasus varian baru ini ditemukan ada di Mimika pihaknya akan langsung melakukan tracing, dan testing. Untuk konekvitas bersama, maka dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan sejumlah pihak rumah sakit.

"Selain testing dan tracing, tentunya kami akan menyiapkan tempat isolasi dan obat. Termasuk mengecek ketersediaan oksigen," terangnya.

Terkait tempat isolasi, Reynold mengatakan tidak akan ada pembedaan. Artinya masih digunakan tempat isolasi yang sudah ada. Sebelumnya juga tidak ada pemisahan tempat isolasi antara pasien Covid-19 varian awal dengan varian Delta.

Reynold Ubra juga mengingatkan agar masyarakat tidak berpergian ke luar daerah seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Medan. Hal itu untuk mengantisipasi kasus-kasus Covid-19 yang mungkin saja belum terdeteksi.

"Kami hanya berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap menerapkan prokes dan ikut vaksin bagi yang belum. Meskipun sampai kini, Kabupaten Mimika masuk dalam kategori PPKM level dua," sarannya. (Roberto)

Top