RSUD Paparkan 10 Besar Penyakit Rajal dan Ranap Sepanjang 2021

Direktur RSUD Mimika, dr Anton Pasulu

MIMIKA, BM

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika melaporkan jumlah 10 kasus Rawat Jalan (Rajal) dan Rawat Inap (Ranap) terbanyak sepanjang 2021.

Kepada BeritaMimika melalui pesan whatssap, Direktur RSUD Anton Pasulu mengatakan Covid-19 dan malaria merupakan dua kasus yang mendominasi untuk Rajal maupun Ranap.

Untuk 10 kasus Rajal, urutan pertama dinominasi Covid-19, disusul malaria tersiana, malaria tropika, dyspepsia, common cold, gastroenteritis akut, infekso saluran kemih, pneumonia, hypertensi essensial dan ke-10 adalah asma bronkial.

10 kasus Ranap tertinggi untuk urutan pertama juga didominasi kasus Covid-19 disusul pneumonia, gastroenteritis akut, malaria troika, infeksi saluran kemih, malaria tersiana, bronchopneumonia, TB paru BTA, appendisitis dengan edheison dan appendisitis akut.

"Untuk rawat jalan dan rawat inap kasus terbanyak adalah Covid-19. Begitu juga kasus malaria masih menjadi bagian dari 10 kasus terbanyak di RSUd sepanjang 2021 disusul pilek, infeksi paru, infeksi saluran kemih, infeksi saluran pencernaan dan hipertensi," ungkapnya.

Sementara itu untuk kasus Covid-19 secara keseluruhan di RSUD, dr Anton sebelumnya telah menyampaikan bahwa jumlah kasus Covid-19 di RSUD sepanjang 2021 berjumlah 2.344 pasien positif, 2.255 pasien sembuh dan 89 meninggal dunia.

"Kita bersyukur karena sejak tanggal 19 Desember 2021 sudah tidak ada pasien covid yang dirawat di RSUD begitu juga sampel PCR yang diperiksa positivity rate 0 persen atau tidak ditemukan sampel yang positif. Ini berkat kerja keras dari kita semua untuk melawan dan menekan penularan Covid-19 di Mimika," katanya. (Ronald)

Top