258 Warga Tembagapura Dievakuasi ke Timika

Kedatangan pengungsi di pusatkan di Kavaleri III

MIMIKA, BM

Sebanyak 258 warga dari Kampung Banti I dan Banti II Distrik Tembagapura yang terdiri atas 122 orang dewasa dan 136 anak-anak dievakuasi ke Timika, Jumat (6/3).

Kedatangan mereka yang sebagian besar merupakan ibu-ibu dan anak-anak ini, dipusatkan di Kavaleri III Serigala Ceta, Jalan Agimuga Distrik Kuala Kencana dengan menggunakan tiga kendaraan bus PT Freeport.

Warga di evakuasi atas permintaan mereka karena trauma dengan penembakan yang terjadi beberapa hari lalu di seputaran Polsek Tembagapura. Warga khawatir, kejadian akhir 2017 dan 2018 lalu terulang kembali.

Selain itu, dengan kondisi ini mereka kesulitan memperoleh sembako (makanan-red) akibat terputusnya akses ekonomi.

Setelah di Timika, 258 warga ini selanjutnya di pulangkan ke rumah dan sebagian di bawah ke keluarga mereka yang berdomisili dibeberapa tempat yakni Kwamki Narama, SP13, SP2, SP5 dan SP9. 2 diantara mereka dilarikan ke RSUD untuk perawatan lebih lanjut karena faktor kelelahan.

“Nanti wawancara dengan pak wakil bupati saja karena tadi di rumah jabatan, kami rapat bersama sudah sepakati nanti satu pintu untuk informasinya. Pak wakil yang akan sampaikan semua keadaan ini. Intihnya warga yang minta untuk diungsikan ke Timika,” ungkap Asisten III Setda Mimika, Sihol Parlingotan kepada wartawan.

Sementara itu, terkait situasional di Distrik Tembagapura, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan menambahkan, situasi di Tembagapura akibat kontak senjata beberapa hari lalu kini mulai kondusif.

“Kondusif, semuanya tenang. Proses operasional perusahan PT. Freeport juga tetap berjalan seperti biasa. Warga ketakutan karena kehadiran KKSB dari luar Timika masuk ke Timika. Kontak senjata masih tapi intensitas sudah menurun jauh. Proses evakuasi juga berjalan baik karena sudah di urus oleh rekan-rekan TNI Polri di atas kemudian disalurkan ke Timika dan kami terima. Setelah itu kita salurkan ke keluarga masing-masing di beberapa wilayah di Timika,” jelasnya.

Evakuasi warga Tembagapura ke Mimika ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sore tadi sebanyak 258 orang dari Kampung Banti 1 dan Banti 2. Rencananya, malam ini pukul 20.00 Wit sekitar 400 warga lagi dari Kimbeli dan Kalikapur akan diturunkan dengan 6 kendaraan bus PT.Freeport.

Penjemputan sore tadi dilakukan oleh Pemerintah Daerah, TNI dan Polri. Kedatangan mereka diterima Asisten I dan III Setda Mimika, Kadis Kesbangpol, Kasatpol PP, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Dandim Mimika, Wakapolres dan Kabag Ops serta pimpinan kesatuan TNI Polri lainnya. (Ronald)

Top