Selamat Jalan Pahlawan Bangsa, Jenazah Bharatu Komang Diterbangkan ke Palembang

Prosesi pelepasan jenazah Almarhum I Komang Wira Natha

MIMIKA, BM

Almarhum I Komang Wira Natha yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari Bharada menjadi Bharatu (Anumerta) kini sudah diterbangkan dengan penerbangan komersial ke Palembang, Rabu (28/4).

Sebelum diberangkatkan, dilakukan pelepasan jenazah Bharada I Komang Wira Natha dipimpin langsung Kepala Korps Brimob (Kakorbrimob) Polri, Irjen Pol Anang Revandoko di Mako Brimob Yon B Mimika.

Almarhum Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha gugur dalam kontak tembak di Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak pada Selasa, 27 April 2021.

Selain almarhum dua rekannya yang masih dirawat di RSUD Mimika akibat luka tembak diantaranya Ipda Anton Tonapa dan Bripka Muhammad Saefuddin.

Kepala Korps Brimob (Kakorbrimob) Polri, Irjen Pol Anang Revandoko menyampaikan bahwa gugurnya anggota polri saat bertugas merupakan duka seluruh bangsa.

"Bharatu Komang gugur, kemarin Jenderal kita juga gugur. Dan sekarang ada dua prajurit kita sejati yang sedang dirawat di rumah sakit. Rekan-rekan inilah kehadiran negara di tanah yang damai di tanah Papua,kita semua pingin damai di negeri ini,"ungkapnya.

Terkait dengan penegakan hukum terhadap KKB, Irjen Pol Anang Revandoko menegaskan bahwa negara kita adalah negara hukum sehingga siapapun yang melanggarnya maka akan memperoleh ganjarannya.

Sebelum diberangkatkan, sejak tadi malam jenazah almarhum dibaringkan di Mile 32. Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kenapa BM mengatakan semalam dilakukan sembayangan Persembahyangan Atma Wedana.

"Sembayangan ini dilakukan untuk jenazah dapat memperoleh ketenangan. Dalam kepercayaan kami umat Hindu, ketika seseorang meninggal, dia masih ada di sekitar jenazahnya. Persembahyangan Atma Wedana kita lakukan agar jenazah memperoleh ketenangan," jelasnya.

"Kita tempatkan semalam di sana dan pasang dupa sampai jenazah tadi diberangkatkan. Setelah sampai di kampung almarhum maka selanjutnya oleh pihak keluarga dilakukan upacara ngaben," ujarnya. (Ignas)

Top