Datangi Pasar, DPRD Temui Harga Telur Melonjak Rp135 Ribu

Ketua DPRD Robby Omaleng didampingi anggota Daud Bunga

MIMIKA, BM

Menyikapi situasi ketersediaan dan harga kebutuhan pokok (sembako) di Mimika, anggota DPRD Mimika melakukan lawatan ke Pasar Sentral, Rabu (25/3) pagi.

Rombongan ini dipimpin langsung Ketua DPRD Robby Omaleng didampingi sejumlah anggota dewan yakni Daud Bunga, Redi Wijaya, Rizal Patadan dan Herman Gafur.

Saat mendatangi pasar, mereka menemui sejumlah bahan pokok makanan mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan ini dinilai melebihi harga pasar sesungguhnya.

“Telur yang biasa 50 ribu naik sampai 125 ribu. Ini sangat keterlaluan. Cabe, tomat, dan lain-lain juga demikian. Jahe juga sangat mahal harganya,” ungkapnya kepada BeritaMimika.

Ternyata, harga telur mahal bukan disebabkan oleh pedangang yang berjualan di pasar namun oleh distributor dan agen yang menitipkan barang mereka di pasar.

“Distributor dan agen yang titip disitu. Ternyata mereka mencari keuntungan yang besar dalam situasi seperti ini. Ini tidak masuk akal karena ini telur lokal, bukan dari luar daerah,” ungkapnya.

Untuk menyikapi keadaan ini, DPRD akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah agar melalui instansi terkait segera menyikapi keadaan ini.

“Kami akan suruh untuk dinas teknis panggil mereka. Jangan anda mencari keuntungan yang serakah dalam kondisi kemanusiaan seperti saat ini. Eksekutif harus ambil langka cabut izin mereka. Kita juga harap kepada semua pedagang agar memperhatikan situasi nasional saat ini, terutama di Mimika, termasuk toko-toko dan suparemarket. Jangan main harga,” tegasnya. (Ronald)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top