Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun Baru, Diserbu Ribuan Warga Timika

Ribuan warga Timika saat berbelanja di pasar murah

MIMIKA, BM

Ribuan warga Mimika berebut sembako murah yang digelar Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan dalam rangka jelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2023 di graha Eme Neme Yauware, Senin (19/12/2022).

Warga berdesakan supaya bisa mendapatkan barang-barang dengan harga murah seperti telur yang dibandrol dengan harga Rp50 ribu per rak. Karena, harga telur diluar didapat dengan harga Rp70-78 ribu per rak.

Tidak hanya telur, ribuan warga juga berebut agar dapat membeli beberapa barang lain seperti, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, gula, berbagai minuman soft drink dan lainnya.

Kehadiran ribuan warga sudah terlihat sejak pagi sebelum Plt Bupati Mimika Johanes Rettob membuka kegiatan tersebut.

Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam sambutan mengatakan kegiatan pasar murah menjelang natal dan tahun baru dilakukan untuk menekan harga agar masyarakat yang merayakan hari raya bisa mendapatkan harga murah.

"Biasanya dalam rangka menyambut natal, tahun baru dan hari besar keagamaan tentu masyarakat mau membuat acara dan lainnya, namun kadang dimanfaatkan oleh orang lain untuk bermain harga. Kita buat ini agar menekan supaya semua harga pasar tetap stabil," jelasnya.

Plt John mengatakan, pasar murah merupakan usaha pemerintah untuk terus menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran.

"Inflasi itu harus dilihat apa yang menyebabkan inflasi daerah kita, kalau harganya dia naik, maka kita datangkan. Tapi kalau harga cabai di pasar mahal maka kita bisa tanam sendiri tanpa harus datangkan dari luar," ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan pasar murah juga untuk mengidentifikasi komoditi apa yang dibutuhkan masyarakat yang bisa dihasilkan oleh daerah, sehingga bisa menekan praktek impor dari daerah lain.

"Sesudah melihat kebutuhan masyarakat paling banyak itu apa, maka itulah yang kita seriusi dan utamakan. Kalau memang kita bisa tanam, kita tanam untuk bisa produksi sendiri. Jika kita bisa produksi kenapa harus datangkan dari luar, ini caranya untuk bisa membuat masyarakat sejahtera," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Yulius Koga menjelaskan, gelaran pasar murah hari ini merupakan acara puncak setelah sebelumnya juga telah dilakukan pada 2 Desember lalu yang dimulai dari Gelael, SP1, SP13, dan Mimika Timur.

"Hari ini puncaknya diselenggarakan selama dua hari di halaman Gedung Eme Neme Yauware," Tuturnya.

Adapun jenis barang-barang yang dijual di pasar murah antara lain beras premium 10 kilo seharga Rp100 ribu, gula 1 Kg harga Rp10 ribu, bawang uutih Rp20 ribu, Bawang merah Rp30 ribu perkilo, tomat Rp15 ribu dan cabe rawit Rp25 ribu per kilo.

Selain itu, keladi Rp25 ribu per kilo, petatas Rp25 ribu per kilo, telur Rp50 ribu per rak, ayam beku dan ayam hidup Rp50 ribu per ekor dan Blue and Rp50 ribu per kilo.

Lainnya, terigu Rp10 ribu, susu kental manis Rp10 ribu, Coca cola Rp30 ribu per karton, sprite Rp30 ribu per karton, Fanta Rp30 ribu per karton, sirup ABC Rp10 ribu per botol dan teh kotak Rp70 ribu per karton.

Yulius mengaku Pemerintah Kabupaten Mimika mengucurkan dana sebesar Rp700 juta untuk kegiatan pasar murah yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 2 Desember lalu.

"Kami buat dari tanggal 2 itu supaya menyebar dan bisa merata. Jadi kami subsidi setengah harga di para distributor untuk menjual barang yang lebih murah dari harga normalnya, ini subsidinya sangat besar mulai dari telur, dan harga lainnya dibawah harga," jelasnya.

Yulius menyebut dalam bazar pangan murah ini, untuk komoditi jenis ayam dan telur, semuanya diambil dari lokal Mimika.

"Sejak 2 Desember lalu, antusiasme masyarakat akan pasar murah bagus sekali, sehingga diharapkan bisa membantu menekan harga di pasaran. Kita juga berharap, bagi warga yang tidak merayakan hari raya agar memberikan ruang kepada warga yang merayakan," harapnya. (Shanty Sang)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Hotel Horison Ultima Timika Hadirkan Promo di Bulan Februari

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-03 13:48:00

Dishub Mimika Gunakan Rp27 Miliar Tahun Ini Untuk Lanjutkan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 08:13:58

Arus Balik: 1700 Orang Masuk Timika, Lebih Rendah Dari Yang Keluar

Ekonomi dan Pembangunan 2023-02-01 07:21:08

Pelabuhan MAF di Kota Kepi Rampung Dikerjakan

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-31 10:18:18

Tahun 2023 Target Penerimaan KPP Pratama Timika Rp3,978 triliun

Ekonomi dan Pembangunan 2023-01-30 08:12:55

Top