Minyak Goreng Curah Untuk Mimika, 6 Ton Habis Di Operasi Pasar, 20 Ton Kemana? Disperindag Jelaskan Ini

Kabid Perdagangan Disperindag Mimika, Selvina Pappang

MIMIKA, BM

Pemerintah pusat telah mendistribusikan 26,4 ton minyak goreng curah tahap pertama untuk Kabupaten Mimika namun stok saat ini di gudang milik distributor sudahlah kosong.

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika, Selvina Pappang memberikan penjelasan kepada media.

Di Hotel Grand Tembaga, Selasa (10/5/2022), Selvina mengatakan kekosongan diakibatkan karena semua stok sudah disalurkan ke kios dan pasar murah beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan dari 26,4 ton minyak curah, sebanyak 6 ton sudah digunakan saat operasi pasar di Eme Neme Yauware dan Pasar Sentral sementara 20 ton sisanya sudah didistribusikan ke kios-kios.

"6 ton habis waktu di Eme Neme dan pasar sentral karena animo masyarakat untuk peroleh minyak goreng murah sangat tinggi. Sementara sisanya kami sudah cek ke distributor dan mereka bilang sudah habis disalurkan ke kios-kios termasuk 2 pedagang yang kami fasilitasi di pasar sentral," jelasnya.

Hanya saja selvi tidak menjelaskan secara detail bagaimana proses penyaluran minyak goreng curah ke kios dan berapa banyak pedagang yang mendapatkannya.

"Saya belum tahu pasti tapi tetapi kemarin saya sempat lihat melalui aplikasi. Ada di Jalan Pendidikan dan beberapa lokasi lainnya," ujarnya.

Ketika disaluran ke kios-kios, harga di pasaran adalah Rp14 ribu. Menurut pengakuan Selvina, harga jual ini juga diawasi oleh tim satgas pangan.

"Ada aturannya dimana sebelum disalurkan maka terlebih dahulu pelaku usaha harus mengisi pakta integritas. Di situ mereka sudah membuat pernyataan di atas materai bahwa menyalurkan dengan harga standar, tidak boleh lebih dari 14 ribu," tuturnya.

Menurutnya, mereka yang ketahuan memainkan harga akan diblacklist dan disampaikan kepada distributor untuk tidak lagi mendapatkan minyak goreng curah.

Sementara itu hingga saat ini belum ada kepastian kapan tepatnya bantuan minyak goreng curah tahap kedua masuk ke Mimika.

"Kami dalam proses menunggu masuknya kapal pengangkut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada lagi yang masuk. Untuk jumlah belum pasti tapi kalau hitungan dengan kontener maka biasanya di atas 20 ton. Untuk kepastiannya nanti kami akan informasikan lagi," terangnya. (Ade)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top