DPM-PTSP Gelar Promosi Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha

Foto bersama usai giat promosi yang dilangsungkan di Graha Efata, Kamis (23/9)

MIMIKA, BM

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelaku usaha dalam bidang penanaman modal dan perijinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) menggelar promosi penanaman modal.

Kegiatan yang melibatkan para pelaku usaha ini berlangsung di Graha Efata, Kamis (23/9) yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Yulianus Sasarari dalam sambutannya mengatakan, kegiatan promosi penanaman modal ini untuk memperkenalkan alur dan proses perijinan guna kemudahan berusaha bagi pelaku usaha.

Menurutnya, Investasi memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Dengan adanya pembangunan tentunya akan menentukan laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah yang akan memperngaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan banyaknya investasi yang masuk ke suatu daerah tentunya akan membawa dampak positif. Seperti terciptanya lapangan kerja, peningkatan daya beli yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur Yulianus.

Yulianus mengatakan, agar investasi Kabupaten Mimika menjadi lebih maju dan menarik, maka Pemerintah Kabupaten Mimika menyediakan wadah dalam bidang pelayanan perijinan investasi yaitu dengan membentuk DPM-PTSP dengan konsep pelayanan yang sangat cepat, mudah dan transparan dan terjangkau yang diharapkan Kabupaten Mimika dapat menjadi salah satu daerah dengan tujuan investasi terbaik di Indonesia.

Kabupaten Mimika merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam berupa sektor pertambangan, pariwisata serta sektor-sektor perdagangan dan jasa yang merupakan potensi investasi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Mimika yang akan membawa dampak positif terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya harap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan proaktif. Dan semoga juga bisa menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif di Mimika," tuturnya.

Katanya, dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, pelaku usaha dan instansi terkait yang bertanggungjawab terhadap penanaman modal diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi atau penanaman modal di Mimika dapat terwujud.

Sementara Kepala DPM-PTSP Mimika, Willem Naa mengatakan, rencana umum penanaman modal daerah Kabupaten Mimika berfungsi sebagai pedoman arah kebijakan investasi di Kabupaten Mimika yang terintegrasi dengan dokumen-dokumen perencanaan lain.

Dikatakan, bahwa arah kebijakan penanaman modal yang akan ditempuh oleh pemerintah Kabupaten Mimika dalam rangka mensukseskan dan mendukung pencapaian visi pembangunan Kabupaten Mimika dan modal nasional yang berkelanjutan dalam rangka terwujudnya Indonesia yang mandiri, maju dan sejahtera.

"Promosi investasi di daerah harus lebih canggih. Kita memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi informasi yang ada karena daerah juga perlu menggunakan metode yang inovatif untuk mendukung upaya menawarkan peluang investasi yang ada, sehingga dibutuhkan strategi khusus yang direncanakan secara matang untuk memberikan kepercayaan kepada investor maupun calon investor," katanya.

Strategi promosi investasi diharapkan mampu menjabarkan jumlah jenis sektor dan lokasi suatu unit investor di Kabupaten Mimika dengan memaksimalkan dukungan kemudahan informasi teknologi dan jaringan transportasi.

Lanjutnya, penyelenggaraan penanaman modal di daerah sangat dibutuhkan oleh investor maupun calon investor. Untuk itu pemerintah daerah melalui dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu bidang promosi penanaman modal menyelenggarakan acara ini dengan maksud sebagai langkah awal menguatkan rencana penanaman modal sekaligus pemilihan pengembangan investasi di Kabupaten Mimika.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk menyusun strategi promosi penanaman modal yang tepat, inovatif dan informatif di Kabupaten Mimika dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi daerah berbasis investasi sesuai dengan visi dan misi Pemda Kabupaten Mimika," ujarnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Penyebab Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

Ekonomi dan Pembangunan 2021-12-07 11:30:56

Polsek Miru Bagikan 100 Paket Bahan Sembako Bagi Mama-mama Papua

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-23 08:28:37

Antisipasi Agar Tidak Terjadi Penimbunan BBM, Polisi Berikan Himbauan

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-18 07:02:19

Harga Bahan Pokok Masih Normal, Namun Diprediksi akan Melonjak

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-16 06:31:48

Kuota BBM Jenis Pertalite untuk SPBU Akan Ditambahkan

Ekonomi dan Pembangunan 2021-11-15 09:28:13

Top