Besok, Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika Dioperasikan

Bandara Sisi Selatan Moses Kilangin

MIMIKA, BM

Terminal baru Bandara Mozes Kilangin sisi selatan yang dibangun dengan dana APBN melalui Kementerian Perhubungan mulai dioperasikan besok, Kamis (15/7).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Soekarjo saat diwawancara melalui telepon seluler, Rabu (14/7) mengatakan hal ini.

Ia menjelaskan, pengoperasian gedung terminal Bandara Mozes Kilangin di sisi selatan baru sebatas operasi bayangan (shadow operation) sambil menunggu penyelesaian semua fasilitas untuk dapat dioperasikan secara penuh.

"Iya pasti (digunakan besok). Saat ini semua maskapai baik maskapai domestik maupun perintis yang sebelumnya beroperasi di terminal VIP sudah pindah ke terminal baru yang dibangun dari dana APBN," ungkapnya.

Ditanya apakah maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air juga akan mulai menggunakan terminal baru? Sukarjo mengatakan untuk saat ini belum.

"Sriwijaya dan Garuda belum pindah mereka masih pakai terminal sisi utara," ungkapnya.

Diketahui, untuk pengoperasian secara parsial atau terbatas ini masih menggunakan lantai I dengan daya tampung 500 orang.

Dengan penggunaan secara terbatas ini maka Garbarata atau jembatan penghubung dari terminal ke pesawat belum bisa digunakan.

"Penggunaan Garbarata baru akan digunakan setelah adanya ful operation di terminal. Fasilitas lainnya di terminal hampir sama dengan terminal bandara lama mulai dari X-ray, conveyor hingga aktifitas petugas karena memang SOP nya sama," ungkapnya. (Shanty)

BERITA EKONOMI & PEMBANGUNAN

Top