Angkat Tema Perdamaian, TIFA 2023 Resmi Dibuka

Pembukaan TIFA 2023 oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte, panita, dan tamu undangan

MIMIKA, BM

Timika Inside Festival Of Art (TIFA) tahun 2023 dengan tema "Balutan Nusantara dari Timur Indonesia Menuju Perdamaian Abadi" resmi dibuka pada Kamis (25/5/2023) sore.

Pembukaan event tahunan yang mengangkat khasanah seni dan budaya itu ditandai dengan tabuhan alat musik tifa oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Petrus Yumte, beserta panita, juga tamu undangan dari Kemenparekraf, Dinas Pariwisata Kota Jayapura, dan PT Freeport Indonesia.

Ketua Panitia TIFA 2023, Dina Merani, melalui sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari pagelaran ini adalah untuk menggerakkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian.

"Ini juga sebagai suatu upaya untuk melestarikan kebudayaan asli daerah Mimika serta daerah lainnya yang berada di Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dikatakan bahwa tema yang diusung pun lahir dari bingkai kesatuan nusantara yang saling mendukung akan adanya perbedaan dalam keberagaman seni dan budaya yang ada di Timika, Papua Tengah.

Sementara itu, PT Freeport Indonesia (PTFI) selaku sponsor utama yang diwakili oleh Manager Community Health Development PTFI, Daniel Perwira, menyampaikan apresiasi kepada Sanggar Amuta Wapuri yang telah melahirkan ide kreatif dan menuangkannya dalam bentuk nyata yaitu TIFA.

"Kita kenal namanya sekarang sebagai TIFA, Timika Inside Festival of Art. Dan harapannya ini akan menjadi event nasional, apalagi event ini sudah didukung oleh Kemenparekraf sejak tahun 2022," kata dia.

Diungkapkan bahwa PTFI percaya, melalui event ini akan banyak lahir ide-ide kreatif yang mengangkat budaya lokal dari Kabupaten Mimika dan juga budaya-budaya lain di Papua.

"Ini suasana ataupun spiritnya adalah lokal tetapi gongnya ini gong nasional. Bahkan kalaupun kita bisa bawa ini ke event internasional. Kita percaya itu akan bisa terjadi," tuturnya.

"Kami juga percaya bahwa dengan adanya konsistensi bersama dalam menyelenggarakan event seperti ini, ini akan membangkitkan semangat kreativitas untuk anak-anak muda. Karena kalau tanpa adanya suatu semangat, tanpa suatu ide kreatif, niscaya kegiatan-kegiatan seperti ini tidak akan ada berjalan," imbuhnya.

Oleh sebab itu, lanjut Daniel, PTFI sangat mendukung event positif ini, yang mana tidak hanya mengangkat budaya lokal tetapi juga menunjukkan bahwa Papua adalah bagian dari Indonesia.

"Begitu juga budaya Papua, budaya Kabupaten Mimika adalah bagian dari budaya Indonesia. Maka demikian, kami akan selalu mendukung event-event seperti ini dan akan sangat terbuka untuk berkolaborasi jika kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di kemudian hari," pungkasnya.

Pembukaan ini juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya, mulai dari tari-tarian hingga penampilan fashion show dari sejumlah peserta lomba.

Tak hanya itu, ada juga puluhan stan dengan aneka pameran karya seni serta ragam kuliner yang turut meramaikan hari pertama pagelaran TIFA 2023.

Sebagai informasi, event ini akan berlangsung hingga tanggal 20 Mei 2023. Setiap harinya bakal ada pertunjukan seni budaya dari berbagai komunitas kreatif. Adapun bintang tamu yang dihadirkan langsung dari luar Kota Timika bahkan dari luar negeri.

Meriahnya TIFA 2023 Diawali Dengan Semarak Karnaval Budaya

Sebelumya, dalam rangka menyongsong pembukaan Timika Inside Festival of Art (TIFA) 2023, sejumlah sanggar dan para modeling menyemarakan karnaval budaya yang telah dilangsungkan pagi tadi pada pukul 11.00 Wit.

Pantauan Beritamimika.com di lapangan, para peserta karnaval sejak pagi hadir menggunakan pakaian adat dari berbagai suku di Papua, baik suku di wilayah pegunungan maupun pesisir.

Adapun peserta-peserta yang mengenakan busana adat nusantara, seperti busana adat Toraja, Maluku, Kalimantan, dan sebagainya.

Uniknya, beberapa model pun ikut menampilkan busana yang terbuat dari bahan-bahan bekas yang didaur ulang dan dirajut menjadi sebuah busana.

Ketua Panitia TIFA 2023, Dina Merani, mengatakan pelaksanaan kegiatan karnaval budaya ini bertujuan untuk menyongsong opening TIFA 2023 yang telah berlangsung sore tadi.

"Mereka yang ikut dalam karnaval ini adalah peserta yang nantinya akan menampilkan karya-karyanya selama tiga hari ke depan," ujar Dina yang juga merupakan salah satu modeling profesional.

Prosesi karnaval ini dimulai dari pelataran Graha Eme Neme Yauware, menuju ke perempatan Bank Papua, lalu putar balik kembali menuju titik awal.

"Selain karnaval ini, beberapa stan pameran budaya dan bazar juga sudah mulai berjalan. Beragam karya seni dan kuliner sudah bisa dikunjungi masyarakat," ungkapnya.

"Pameran dan bazar ini terdiri dari kriya, fashion, dan juga makanan-makanan. Dari Jayapura dan Wamena juga ikut meramaikan," imbuhnya.

Mewakili panitia TIFA 2023, Dina mengajak seluruh masyarakat untuk datang meramaikan dan melihat secara langsung pergelaran TIFA 2023 di pelataran Graha Eme Neme Yauware. (Endi Lagobelen)

Top