Perayaan Natal Oikumene Umat Nasrani Mimika, Bupati Omaleng Sampaikan Hal Ini


Foto bersama usai persayaan Natal Oikumene di Gereja Kingmi Mile32

MIMIKA, BM

Perayaan Natal Oikumene 2021 dilakukan oleh umat kristiani dari berbagai Denominasi Gereja di Mimika pada Senin (27/12) di Gereja Kingmi Mile32 dipimpin Pendeta Alfred Dimara.

Perayaan yang berlangsung meriah dalam sukacita dan kesederhanaan Natal ini bertemakan Kasih Kristus yang Menggerakan Persaudaraan, sesuai dengan seruan KWI dan PGI untuk Natal 2021.

Sub tema yang dipilih adalah 'Dengan semangat perayaan Natal Oikumene Kabupaten Mimika, kita jadi pewarta kasih persaudaraan yang rukun, karena kesanalah Tuhan memerintahkan berkat kehidupan menuju Mimika yang cerdas, aman, damai dan sejahtera.

Perayaan ini juga dihadiri  Ketua Sinode GKI Kingmi Tanah Papua, Bupati Mimika, Wakil Ketua I DPRD, FKUB, para pendeta denominasi gereja, PKK, GWO serta tamu undangan lainnya.

Usai perayaan natal, Ketua GPI Klasis Mimika, Pendeta Donald Salima dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya perayaan natal ini.

Menurutnya, pelaksanaan Natal Kristus ini merupakan sebuah tabir bahwa kita harus bersatu dan proses bersatu ini dimulai dari diri tiap orang melalui perayaan ini.

Ia juga memberi apresiasi kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam membangun Mimika, terutama membangun gereja Kingmi Mile32.

"Kalau pemerintahan distrik dan lainnya mengatakan bahwa beliau adalah bapak pembangunan dan perubahan, maka di Natal perdana di gereja ini kita setuju untuk nobatkan beliau sebagai bapak Oikumene" ujarnya!

"Hari ini dihadapan Tuhan dan disaksikan oleh kita semua, saya sebagai ketua persekutuan gereja-gereja, mewakili semua teman-teman gereja, menobatkan bapak Eltinus Omaleng, kandidat doktor sebagai bapak Oikumene," ungkapnya diiringi tepukan umat di Gereja Mile 32.

Pendeta Donald juga meminta agar semua umat bersatu dan bergandengan tangan menuju tahun baru 2022.

"Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul dalam bingkai Eme Neme Yauware. Tuhan memberkati kita semua," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan sejak dahulu ia telah memiliki keinginan untuk membangun rumah Tuhan di negerinya ini.

"Saya punya kerinduan harus ada gereja Oikumene. Makanya saya selalu bilang gereja Kingmi ini adalah gereja Oikumene," ujarnya.

Bupati mengingatkan semua  bahwa Perayaan Natal tahun ini menbawa pesan cinta kasih Kristus yang menggerakan persaudaran (1 Petrus 1:22)

Menurutnya, tema natal tahun ini sangat mencerminkan Kabupaten Mimika sebagai miniaturnya Indonesia karena semua perbedaan yang menyatukan ada negeri ini.

"Di sini semua hidup berdampingan dari berbagai  suku dan agama oleh karena itu melalui tema natal ini, memberikan pesan natal kepada kita semua masyarakat Mimika untuk tetap bersatu, menjaga toleransi kehidupan umat beragama dan saling mengasihi sesama manusia seperti yang dikehendaki Tuhan," ungkapnya.

Ia berharap pesan Natal tahun ini memberikan semangat baru untuk membentuk pribadi masing-masing agar menjadi pengikut Kristus yang setia dan menjadi berkat bagi semua orang.

"Tidak semudah itu kita masuk ke surga! Jangan pikir kira rajin ke gereja, selalu memberikan barang kepada orang lain, menjadi baik bagi orang lain, membangun gereja, kemudian gampang masuk surga! Tidak semudah itu. Karena kuncinya ada pada tiga hal yang disampaikan pendeta yakni iman, kasih dan harapan. Siapa yang memiliki itu saat ini?," ujarnya sambil bertanya kepada semua orang dengan senyum.

Bupati Omaleng juga mengatakan bahwa apapun yang kita lakukan, harus dilakukan dengan penuh kepercayaan kepada Tuhan. Tidak ada gunanya jika melakukan sesuatu tanpa mengimani kepadaNYA.

"Saya tidak mungkin masuk gereja kecuali saya percaya Tuhan itu benar ada. Tuhan itu ada dan akan datang kedua kali untuk kita semua. Semua hal yang kita buat harus percaya kepadaNYA," ujarnya.

"Pada kesempatan ini saya secara pribadi, keluarga dan mewakili pemerintah, mengucakan selamat Natal dan menyongsong tahun baru kepada kita semua! Semoga kasih dan damai Natal selalu bersama dan menyertai kita semua di tahun yang baru dan semakin memberkati negeri ini," harapnya.

Pada momen ini, Bupati Omaleng juga secara khusus mengucapkan terimakasih kepada warga Mimika khususnya umat non kristiani yang telah berpartisipasi dalam menjaga dan mengamankan perayaan Natal 2021, bahkan telah terlibat dalam persiapan menyambut natal tahun ini.

"Terimakasih atas semua kebaikan dan dukungannya! Semoga Tuhan selalu beserta kita semua dan membalas semua kebaikannya," ujarnya mengakhiri sambutannya. (Ronald)

 

Top