Warga Kampung Pasir Putih Awali Tahun 2022 Dengan Bakar Batu, Anggota Koramil 1710-05 Ikut Terlibat

Suasana bakar batu yang melibatkan anggota Koramil dan masyarakat Kampung Pasir Putih Distrik Jila, Minggu (02/02)

MIMIKA, BM

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tradisi unik yaitu bakar batu. Tradisi semacam ini mungkin hanya ada di Papua.

Upacara bakar batu sendiri merupakan upacara tradisional masyarakat pegunungan Papua.

Upacara ini biasanya dilakukan sebagai wujud rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, rasa turut berkabung, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang.

Mengawali Tahun 2022, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, masyarakat Kampung Pasir Putih, Distrik Jila melakukan bakar batu.

Acara yang dilangsungkan dalam suasana kekeluargaan dan kesederhanaan pada Minggu (02/02) ini turut didampingi oleh aparat dan babinsa Koramil 1710-05/Jila.

Danramil Kapten Inf. Fektor Suyanto) saat dikonfirmasi, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud Kemanunggalan TNI bersama masyarakat di wilayah binaan.

Giat ini juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah tersebut serta guna semakin membangun interaksi atau komunikasi sosial dengan warga sekitar yang bertujuan mempererat hubungan TNI dengan Rakyat.

“Dengan turut hadir dalam setiap acara adat masyarakat seperti ini, harapannya tugas pokok kami sebagai satuan kewilayahan dalam Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah akan dapat terlaksanan dengan baik karena dengan menyatu dengan warga, secara otomatis kami akan dapat diterima positif oleh masyarakat," ungkapnya berharap.

Sementara itu, mewakili warga Kampung Pasir Putih, Bapak Adrianus (56) mengucapkan terimakasih kepada anggota Koramil yang telah mengamankan dan membantu jalannya acara bakar batu tersebut.

Ia berharap kerjasama seperti ini terus tercipta sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan kehadiran TNI di antara mereka. (Red

 

Top