TP-PKK Mimika Ikuti Rakerda IV Provinsi Papua, Bawa Pulang Piala Juara II dan Harapan I

 

Dua pakaian adat Mimika yakni Amungme dan Kamoro yang ditampilkan Ketua dan Bendahara TP-PKK Mimika 

MIMIKA, BM

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV yang diselenggarakan oleh TP-PKK Provinsi Papua.

Rakerda tersebut dilaksanakan dalam rangka kesinambungan program kerja Gerakan PKK dalam menjabarkan 10 program pokok PKK dan menyatukan pemahaman mengenai perencanaan program dan kegiatan yang tersusun dalam rencana induk dan strategi.

Hal ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 36 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Rakerda IV dipimpin oleh Ketua TP-PKK Provinsi Papua Ny. Yulce Enembe mengusung tema “Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci Dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera”.

Kegiatan digelar tiga hari sejak (19/4) hingga (21/4) di Hotel Horison Kotaraja Jayapura dan dikuti oleh 25 kabupaten kota yang se-Provinsi Papua.


Tim TP-PKK Mimika saat mengikuti Rakerda IV di Jayapura

Kepada BeritaMimika Minggu (25/4) Ketua TP-PKK Mimika Ny. Kalina Omaleng yang diwakili oleh Wakil Ketua I Ny. Suzy Rettob mengatakan bahwa ada hal utama yang menjadi perhatian dalam Rakerda IV.

Hal tersebut adalah melakukan pembinaan terhadap PKK di tingkat kabupaten dan posyandu-posyandu yang ada di distrik sehingga dapat berintegrasi secara baik dengan kampung-kampung.

“Usai Rakerda IV, kami TP-PKK Mimika juga akan melaksanakan Raker dan meneruskan program-program priortias yang telah ditetapkan dari Rakerda IV Provinsi Papua,” tuturnya.

Ny. Suzy menambahkan dalam momen tersebut TP-PKK juga memeriahkan Hari Kartini sehingga dilaksanakan sejumlah lomba untuk meriahkan hari emansipasi perempuan.

“Iya, karena usai Rakerda bertepatan dengan Hari Kartini jadi lanjut dengan beragam lomba seperti lomba busana kebaya nasional, busana adat, lomba puisi dan yospan. Puji Tuhan TP-PKK Mimika berhasil membawa piala untuk lomba busana daerah. Ini prestasi yang patut untuk diapresiasi dan banggakan,” ujarnya.

TP-PKK Mimika berhasil membawa pulang piala dalam Lomba Busana daerah sebagai Juara II dengan pakaian adat Kamoro sementara Juara Harapan I dengan mengangkat pakaian adat Amungme dan Jawa.

“Kami mengharapkan ibu-ibu PKK se-Mimika tetap sehat dan kuat dalam menjalankan kegiatan di masa pandemi ini dan tetap memperhatikan protokol kesehatan 3M. Semoga ibu-ibu dapat menjadi pahlawan terutama untuk keluarga dalam mengabdi untuk masyarakat Mimika tercinta,” tutupnya. (Elfrida)

 


 

Top