Salat Tarawih Perdana di Timika Dilaksanakan Sebelum Sidang Isbat

Ustad Akhir Iribaram, Ketua DKM Masjid Agung Babussalam

MIMIKA,BM

Ketua DKM Masjid Agung Babussalam, Ust Akhir Iribaram mengatakan walaupun belum ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai hari pertama puasa Ramadan, namun pelaksanaan salat tarawih sudah dilakukan di Timika. Hal itu berpatokan dari MUI Papua mengenai hilal yang dinilai sudah jelas.

"Kita berpatokan dari Pengukuran Hilal di Jayapura,"katanya kepada wartawan seusai salat tarawih di Masjid Agung Babussalam,Senin (12/4).

Menurut Ust Akhir Iribaram, patokan dari pengukuran Hilal di Jayapura sudah diputuskan di Haltekam untuk penentuan jatuh satu Ramadan.

"Kemarin mereka sudah melakukan pencarian pengukuran sebelumnya dan dipastikan tanggal 13 April mulai puasa. Makanya Senin malam ini kita sudah salat,"katanya.

Ia hanya berharap agar apa yang ditentukan pemerintah mengenai satu Ramadan disepakati semua pihak. PP Muhammadiyah sebelumnya juga sudah berharap agar satu Ramadan jatuh tanggal 13 April.

"Semoga semua pihak sepakat untuk memulai puasa pada hari Selasa. Pelaksanaan salat tarawih yang dilaksanakan sebelum adanya sidang isbat, itu tak akan jadi masalah seandainya jadwal puasa Ramadan pertama mundur. Kalaupun misalnya puasa baru dimulai tanggal 14 itu juga tidak akan masalah. Kita tetap akan salat tarawih juga," ungkapnya.(Ignas)

Top