Bupati Besok Dengar Hasil Pengumuman CPNS 2018 Melalui Vidcon

Bupati Mimika Eltinus Omaleng

MIMIKA,BM

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng akan mendengar secara langsung hasil pengumuman tes CPNS Formasi 2018 melalui video conference (vidcon) langsung dari Provinsi Papua.

Setelah mendengar hasil pengumuman ini, pemerintah daerah dan forkomoinda langsung melakukan evaluasi Covid-19.

"Besok akan diumumkan seluruh Papua dan secara nasional jadi besok baru kita dengar," ujar bupati saat diwawancarai di Mozza, Rabu (15/7).

Bupati Omaleng mengatakan, apapun hasilnya nanti, masyarakat Mimika harus menerimanya terutama mereka yang mengikuti tes CPNS ini.

Dikatakan, penerimaan CPNS 2018 yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu berlaku kuota 80 persen untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 persen bagi non Papua.

Namun formasi yang disediakan seperti kesehatan dan pendidikan tidak diambil oleh banyak OAP khususnya Amungme dan Kamoro karena kebanyakan OAP mengambil pilihan ekonomi, hukum dan lainnya sesuai dengan jurusan mereka.

"Kemarin kita buka formasi itu di bagian kesehatan dan pendidikan tapi anak-anak Amungme dan Kamoro banyak yang sekolah di bagian itu. Mereka ternyata banyak di jurusan macam ekonomi, hukum, pemerintahan dan lain-lain. Sayangnya ASN Pusat tidak mengakomodir hukum dan ekonomi untuk penerimaan pegawai kemarin. Jadi masyarakat Papua harus paham itu, jangan bilang pemerintah yang tidak mau terima, bukan seperti itu," ungkapnya.

Tambahnya, dalam proses ini pemerintah daerah sudah mengupayakan semaksimal mungkin namun ternyata banyak putera daerah memiliki formasi dan jurusan berbeda.

"Kalau hasilnya nanti tidak sesuai namun itu semua prosedural sudah sesuai. Dari 100-an lebih peserta CPNS, paling yang akan tembus hanya 10 hingga 20 orang tapi itu bukan di jurusan guru dan kesehatan tapi rata-rata teknis," ungkapnya. (Shanty)

Top