Bupati : Kami Tidak Pungli Dari Biaya Rapid Tes

Bupati Mimika Eltinus Omaleng

MIMIKA, BM

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyayangkan sikap sebagian masyarakat yang hingga kini masih mempersoalkan biaya rapid tes Pemda Mimika sebesar Rp600.000.

Bupati Omaleng meminta masyarakatnya percaya dan tidak beropini negatif karena apa yang menjadi keputusan daerah ditetakan melalui regulasi daerah dengan berbagai pertimbangan.

"Kami tidak pungli dari biaya rapid tes itu karena semua ditetapkan secara resmi pakai instruksi bupati. Uangnya masuk kas daerah, diputar lagi beli rapid tes. Kamu pikir kita dapat semua ini gratis dari pusat ka?," ujarnya kepada wartawan.

Di aula DPRD Mimika kemarin, Bupati Omaleng mengatakan selama penanganan Covid-19, semua pembiayaan menggunakan APBD Mimika Tahun Anggaran 2020.

"Tidak ada bantuan dari pusat, semua kita pakai APBD sendiri. Hanya provinsi saja yang bantu kita dua kali 5 dan 2 miliar jadi totalnya 7 miliar," ujarnya.

Bupati membenarkan adanya Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/I/ 2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid sebesar Rp150.000

"Tapi permen ini kan baru keluar. Kita tetapkan harga rapid res 600 ribu duluan. Kita buat 600 ribu juga supaya masyarakat tidak keluar-keluar sembarangan. Lagipula instuksi bupati itu bisa berubah," ujar Bupati Omaleng. (Shanty)

Top