Bupati Pertama Mimika Sakit, Wabup John Rettob Datangi Kediamannya

Wabup John saat menemui mantan Bupati Mimika, Titus Potereyauw

MIMIKA, BM

Mantan Bupati Mimika yang juga sebagai bupati pertama di negeri ini, Bapak Titus Octovianus Potereyauw saat ini kondisinya sedang sakit.

Senin lalu, ia baru saja dipulangkan dari Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) setelah beberapa hari dirawat karena memiliki riwayat sakit diabates.

Mendengar kabar ini, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob pada Sabtu (27/6) kemarin mendatangi kediaman beliau di SP III.

Wabup John ingin melihat secara langsung bagaimana keadaan sosok yang dulu memintanya untuk kembali mengabdi sebagai putera daerah Mimika.

Tiba di kediaman mantan orang nomor 1 Mimika ini, Wabup John disambut isterinya, Mama Florida Kaise Potereyauw bersama seorang anak dan 2 cucu mereka. Wabup John kemudian masuk ke kamar beliau untuk melihat langsung keadaannya saat ini.

Setelah hampir satu jam bersama keluarga di dalam rumah, Ibu Florida didampingi Wabup John menyampaikan kondisi kesehatan mantan Bupati, Titus Octovianus Potereyauw ke media.

"Kondisi bapak sore ini tidur-tidur saja, mau bilang tidak sadar tapi masih bergerak. Kita bicara tidak bisa jawab. Buka mata sedikit terus tidur lagi. Makan hanya bubur. Semenjak keluar dari rumah sakit minggu lalu, kondisi bapak setiap hari seperti ini," ujar Ibu Florida Potereyauw kepada wartawan.

Ia menjelaskan, sudah dua kali Bapak Potereyauw keluar masuk RSMM. Terkahir mereka kembali dari RSMM, senin lalu. Menurut pemeriksaan, beliau sakit diabetes.

Namun sebelumnya pada Januari lalu, beliau juga diperiksa di Klinik Kuala Kencana dengan riwayat gula darah, kolesterol dan asam urat.

Mama Florida Potereyauw mengatakan, suaminya sebenarnya masih sakit namun ia tidak mengerti kenapa disuruh pulang untuk dirawat di rumah.

"Saya sendiri tidak mengerti. Kondisinya belum baik tapi sudah disuruh pulang. Kami ini mau bikin apa? Apa yang dokter bilang, kami ikut saja. Waktu bapak masuk pertama, kami biayai sendiri tapi biayanya diganti LPMAK. Yang kedua biayanya langsung di tanggung LPMAK," ujarnya.

Ketika ditanyakan BeritaMimika, apakah selama ini ada perhatian dan kunjungan tali kasih dari Pemda Mimika? kepada Wakil Bupati Johannes Rettob yang duduk disampingnya, Mama Florida Potereyauw mengatakan 'Apokona' (tidak ada-red).

Mama Florida Potereyauw menyampaikan kondisi kesehatan suaminya

Menurut Mama Florida, yang selama ini rutin memberikan perhatian kasih dan mengunjungi mereka bahkan hampir setiap bulan adalah PT Freeport Indonesia. 

"Tidak ada satupun pegawai atau pejabat yang besuk bapak. Mungkin juga karena saya belum kasih suara ke pemda, baik kepada bupati maupun wakil bupati. Saya mau jalan ke sana tidak bisa, lewat handphone juga menurut saya tidak bagus. Kalau tanya harapan, harapan kami mungkin pemerintah bisa bantu bapak, sesuai dengan kesanggupan pemda saja. Saya tidak bisa bilang apa-apa karena mama tahu kondisi pemerintah juga seperti apa," ungkapnya.

Kepada wartawan, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan kunjungan yang dilakukannya merupakan kunjungan perdana setelah ia dilantik sebagai wakil bupati mendampingi Bupati Eltinus Omaleng.

Namun pada acara syukuran pelantikan dan doa keluarga di kediamannya di Jalan Hasanuddin pada September 2019 lalu, mereka telah bertemu karena Mantan Bupati Titus Poterweyau bersama isterinya, Mama Florida Kaise Poterweyau turut menghadiri acara syukuran tersebut.

"Setelah sekian lama, saya baru datang lagi untuk lihat bapak. Sebenarnya bapak sakit saya tahu dan saya selalu mengecek perkembangan kesehatan beliau melalui anaknya Robi. Dia juga beberapa kali datang ke rumah untuk menginformasikan kondisi bapak," ujar Wabup John.

Ia mengatakan, kedatanganya ini bukan hanya mewakili pemerintah daerah namun juga sebagai keluarga. Saat menemui Bupati Titus, ia mengajaknya berbicara namun beliau tidak banyak memberikan respon, beliau hanya menggengam erat tangannya.

Kepada wartawan, Wabup John juga menuturkan Bupati Titus Poterweyau yang mengajaknya untuk kembali ke Mimika, membangun Mimika sebagai putera daerah. Saat itu Wabup John masih bekerja sebagai pegawai Kementerian Perhubungan di Jakarta.

"Saya tiba di Timika karena beliau. Beliau ke Jakarta meminta saya kembali untuk membantu beliau di Dinas Perhubungan. Dengan pertimbangan yang cukup panjang saya pun akhirnya kembali. Jadi secara tanggugjawab moril dan keluarga, ini pun merupakan bagian dari tanggungjawab saya juga," ungkapnya.

Ia mengatakan terkait kondisi sakit yang dialami Titus Poterweyau, iapun telah menyampaikan kepada Bupati Eltinus Omaleng dan Penjabat Sekda Marthen Paiding.

"Beliau merupakan bupati pertama dan memiliki peran begitu besar dalam membangun Mimika. Beliau ini orang perintis yang harus kita hormati, hargai bukan hanya sebagai pimpinan namun juga sebagai orangtua kita. Ke depan kita harus memperhatikan orang-orang yang punya jasa untuk daerah ini. Kita tidak boleh lupa akan sejarah. Hal seperti ini harus kita perhatikan, paling tidak menjaga hubungan silahturahmi sehingga hubungan ini terus terjaga," terangnya.

Terkait dengan kondisi mantan Bupati Titus Poterweyau saat ini, Wabup John mengatakan hal ini akan ia laporkan ke bupati termasuk bagaimana rencana pengobatan dan perawatan beliau.

"Nanti saya sampaikan ke bupati termasuk sekda supaya kita cari solusi untuk beliau, termasuk apakah beliau harus kembali dirawat di rumah sakit karena menurut keluarga kondisinya tidak mengalami banyak perubahan setelah keluar dari rumah sakit," ujarnya. (Ronald)

Top