Lewat Jalan Ini Seperti Main Ular Tangga, Warga Minta Pemda Perbaiki

Jalan ini tergenang air saat hujan

MIMIKA, BM

Masyarakat yang berdomisili di Jalan terusan SMA Taruna Timika, Nawaripi, Distrik Wania meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan yang menghubungkan Budi Utomo Baru dan Jalan Yos Sudarso ini.

Pasalnya, sudah sekian lama jalan ini hampir tidak ada perhatian sama sekali dari pemerintah daerah. Padahal dibeberapa kesempatan jalan ini sempat diusulkan warga untuk diperbaiki.

Kondisi jalan ini selain rusak, berlubang dan landasannya tidak rata, dalam musim penghujan saat ini, ditemui banyak genangan air termasuk meluapnya air karena drainasenya mampet.

Tidak heran warga sekitar mengistilahkan melewati jalan ini seperti sedang bermain ular tangga karena mereka harus meliuk-meliuk menghindari banyaknya bebatuan tajam dan lubang di sepanjang jalan.

"Kami sudah lama tinggal disini, dari masih sepih sampai penduduk sudah banyak ini, kondisinya tidak pernah berubah. Padahal di sini ada Paud, SD dan SMA. Kita tidak tahu sampai tahun berapa baru ada perhatian pemerintah," ungkap Leo, warga yang menetap di wilayah ini.

Leo mengatakan, jalan ini juga merupakan jalur alternatif karena menghubungkan Jalan Yos Sudarso dengan Budi Utomo Baru. Warga selalu menggunakan jalan ini untuk memperpendek jarak tempuh.

Kondisi dari arah Jalan Budi Utomo Baru 

"Lihat saja waktu PSDD dan Pra New Normal kemarin, jalan ini selalu ramai. Kami juga heran ada pemukiman baru jalan mereka sangat layak dilewati tapi kita di sini kondisinya dari tahun ke tahun sama saja. Jalan ini juga sepertinya sudah sering diusulkan untuk diperhatikan namun tra pernah disetujui, lari kosong terus," ujarnya.

Menurut Leo, di Nawaripi ada banyak jalan dengan kondisi seperti ini. Awalnya dibuatkan jalan teling namun hanya beberapa tahun kemudian rusak dan tidak terurus.

"Sekitar 500 meter dari arah Yos Sudarso masuk dulu dibuat jalan teling tapi sudah rusak sedangkan sisahnya hingga tembus Jalan Budi Utomo Baru masih timbunan. Makanya kalau kita lewat jalan ini macam kita main ular tangga," terangnya.

Leo bahkan mengatakan bahwa rata-rata masyarakat di sini waktu pilkada lalu turut mendukung dan memenangkan pasangan bupati dan wakil bupati saat ini.

"Kalau bicara sumbangsih politik, kami dulu dukung bupati dan wakil bupati saat ini. Tapi politik sudah berakhir dan kami tahu pemerintah kerja untuk semua masyarakatnya. Kami tidak menuntut tapi minta perhatian saja apalagi kondisi corona sekarang ini. Harapan kami tahun depan diperbaiki karena di sini juga ada tiga sekolah. Kita tidak minta hotmix yang penting bagus dan nyaman saja untuk semua lewat dan tidak banjir, itu sudah cukup," harapnya. (Ronald

Top