Tambah Satu, Mimika 3 Positif Corona

Jubir Tim Gugus Tugas, Reynold Ubra

MIMIKA, BM

Setelah Minggu (29/3) dua warga Mimika ditemukan positif Corona Virus, pada hari ini Selasa (31/3) pukul 22.47 Wit, pasien positif Covid-19 di Mimika bertambah satu orang menjadi 3 pasien.

Walau demikian kondisi pasien positif corona baik 01 maupun 02 kini dalam keadaan sehat. Sementara pasien 03 masih dalam perawatan namun sudah menunjukan perbaikan.

Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra kepada media lewat pesan whatssap, malam ini, mengatakan sesuai hasil penelusuran, pasien 03 merupakan pasien import case artinya ia terinfeksi setelah melakukan perjalanan keluar daerah (Jayapura-red).

“Ada penambahan 1 pasien (54 tahun) dan saat ini sedang di rawat di RSUD. Sesuai penelusuran informasi, pasien 03 tiga merupakan pasien import case. Jadi Mimika kini tiga orang dari jumlah 5 PDP yang dirawat di RSUD,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pasien 03 sebelumnya melakukan pengobatan di dua klinik di seputaran kota Timika.

“Pasien 03 ini lakukan perjalan ke Jayapura pada tanggal 10 untuk ikuti sebuah acara. Ketika balik dia sempat periksa di dua klinik tapi tidak ada perubahan, maka dia ke RSUD dan dirawat sejak 28 Maret kemarin,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, hingga malam ini di Mimika ada 16 PDP dan OPD 11. Sementara Orang Tanpa Gejala namun memiliki hubungan erat dengan pasien Covid-19 secara keseluruhan berjumlah 47 orang.

“Hasil tracing contact hari ini terhadap pasien 03 di Timika kita dapati 2 orang memiliki kontak erat risiko tinggi dengan 2-3 gejala klinis (PDP). Selain itu 2 orang memiliki kontak erat risiko rendah dengan 1 gejala klinis sedangkan 15 orang kontak dengan pasien 03 tanpa gejala,” jelasnya.

Dari 16 orang PDP, 10 orang dirawat di Wisma Atlet (shelter) sementara 6 orang melakukan isolasi mandiri. 2 dari 6 orang yang melakukan isolasi mandiri maupun di shelter semuanya menunjukan perbaikan.

“Sampai malam ini ada 19 orang yang disolasi di shelter, terdiri dari 10 PDP, 4 OTG dan 2 ODP,” ujarnya.

Menurut Reynold Ubra, secara keseluruhan baik ODP, PDP dan OTG sejauh ini sangat koopertaif dan terbuka. Ia bahkan mengatakan beberapa ODP sedang dalam proses kesembuhan.

“Semua kami lakukan pemantau secara ketat termasuk yang isolasi mandiri. Kami juga terus melakukan follow up melalui call center maupun pematauan langsung di lapangan untuk memutuskan mata rantai ini,” jelasnya.

Reynold Ubra juga menjelaskan bahwa siang tadi ada 2 pasien dari Ilaga yang dirujuk ke Timika. Keduanya dalam pemantauan karena memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

“Rujukan tersebut dilakukan dengan alasan penanganan segera terlebih karena alasan keamanan. Sampai malam ini kondisi mereka dua dalam keadaan sehat dan dalam pemantauan kami,” ujarnya. (Ronald

Top