Inkracht, Kejaksaan Negeri Mimika Musnahkan 2626 BB

Kajari Mimika saat memimpin pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum (inkracht)

MIMIKA, BM

Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika memusnahkan 2626 barang bukti (BB) dari 75 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht, Senin (8/8) di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Mimika.

Ribuan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan periode akhir tahun 2021 sampai Juli 2022.

Proses pemusnahan BB dipimpin langsung Kepala Kejari Mimika, Sutrisno Margi Utomo dengan dihadiri Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mimika, Putu Mahendra, Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling dan perwakilan Loka POM serta tamu undangan lainnya.

Kepala Kejari Mimika, Sutrisno Margi Utomo menyampaikan bahwa pemusnahan barang bukti dilakukan karena telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

"Pemusnahan barang bukti ini juga sesuai dengan amar putusannya," ungkapnya.

Selain itu, katanya barang bukti dengan berbagai perkara ini pernah menjadi sorotan karena banyak menumpuk di gudang.

Kepala Seksi Barang Bukti Kejari Mimika, Arthur F. Gerald menambahkan, barang bukti yang berasal dari perkara tindak pidana kesehatan dan pangan, perkara penganiayaan dan perkara undang-undang darurat.

"Jadi barang bukti yang paling banyak adalah jenis perkara perdagangan minuman keras yang tidak mempunyai izin,"ungkapnya.

Berdasarkan pantauan wartawan BeritaMimika, proses pemusnahan ribuan BB diantaranya BB miras lokal dilakukan dengan cara dituangkan ke parit sementara miras berlebel tanpa ijin edar dimusnahkan dengan cara digilas menggunkan alat berat.

Pemusnahan sabu-sabu dilakukan dengan cara dilarutkan ke air mendidih sementara barang bukti berupa tembakau sintetis dan barang bukti dari perkara penganiayaan seperti kayu dimusnahkan dengan cara dibakar. (Ignas)

Top