Dukcapil Mimika Kembali Hadirkan Terobosan Inovasi Baru untuk Melayani Masyarakat


Kolaborasi pegawai dukcapil dan Distrik Miktim dalam menyiapkan layanan Paten Dukcapil

MIMIKA, BM

Dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat di bidang kependudukan dan capil, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika melakukan terobosan lnovasi baru yang diberi nama PATEN DUKCAPIL-DISTRIK.

PATEN DUKCAPIL adalah sebuah program kolaborasi pelayanan administrasi terpadu kecamatan antara Dinas Dukcapil dengan Distrik Mimika Baru dan Mimika Timur.

Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo, kepada BeritaMimika pagi ini, Rabu (26/8) mengatakan dengan inivasi ini, masyarakat dapat mengakses layanan kependudukan di tiga tempat sekaligus yaitu di Dinas Dukcapil di Puspem SP3, Kantor Distrik Mimika Baru Jalan Cenderawasih samping Keuskupan Timika dan Kantor Distrik Mimika Timur di Mapurujaya.

"Layanan yang diberikan yaitu perekaman eKTP, pencetakan eKTP bagi Warga yang baru usia 17 tahun, penggantian eKTP yg rusak, eKTP Hilang dengan menunjukkan surat kehilangan dari kepolisian, penerbitan Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Surat pindah antar kelurahan/kampung dan distrik di Wilayah Mimika bahkan surat pindah luar Timika," jelasnya.

Menurutnya, implementasi ini didasarkan pada Permendagri 4 Tahun 2010 tentang PATEN, Permendagri 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Adminduk Daring/Online, yang mana semua Dokumen Kependudukan sudah di Tanda tangani secara Elektronik TTE & QR.Code.

Selain itu didasari dengan adanya Perbup Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Sebagian Kewenangan dari Bupati kepada Kepala Distrik khususnya di Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Dua minggu lalu mulai awal Agustus kami lakukan training Aplikasi SIAK Dukcapil bagi staf Distrik Miru dan Miktim, maka mulai Senin, (24/8) nanti kami setting alat dan penempatan personil staf Dukcapil di kedua distrik ini untuk secara bersama-sama melakukan pelayanan ddminduk kepada masyarakat," ungkap Slamet.

Slamet Sutejo mengatakan, untuk masyarakat di wilayah Mapurujaya dan distrik-distrik pesisir, maupun warga sekitar SP1 dan SP4, kini tidak harus jauh-jauh ke Kantor Dukcapil di pusat pemerintahan SP 3 Puspem karena mereka sudah bisa layani di Kantor Distrik Mimika Timur.

Pegawai Dukcapil melakukan persiapan pelayanan di Distrik Mimika Baru

Sementara bagi warga di seputar kota Timika dengan jumlah penduduk terpadat kurang lebih 148.000 jiwa, warga Kwamki Narama dan sekitarnya bisa dilayani di Distrik Mimika Baru.

"Ini tujuannya agar pelayanan semakin dekat dengan masyarakat, mudah, cepat dan gratis. Selain itu masyarakat juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk ongkos ojek atau transportasi lagi ke pusat pemerintahan," ujarnya.

Mengingat space luas ruangan Pelayanan di Distrik Mimika Baru & Mimika Timur sangat Terbatas, Kami mengharapkan Masyarakat untuk bisa Antri dg Tertib & Mematuhi Protokol Kesehatan.

Untuk warga di seputaran SP 3, Distrik Kwamki Narama, lwaka dan Distrik Kuala Kencana bisa dilayani di Kantor Dinas Dukcapil di Puspem SP 3.

"Melalui kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan terimakasih kepada kepala Distrik Mimika Baru dan Mimika Timur beserta beserta seluruh jajaranya atas koliborasi program PATEN DUKCAPIL-DISTRIK ini," ungkap Slamet Sutejo.

Ia menambahkan, di 2021 nanti Dukcapil Mimika akan melakukan pengembangan di Kokonao & Agimuga karena Pemda Mimika telah membuka akses jaringan internet dan listrik di beberapa distrik pedalaman dan pegunungan.

"Kami akan melakukan secara bertahap di distrik agar semua pelayanan kependudukan semakin dekat dan menyalami masyarakat sekaligus perwujutan visi misi bupati dan wakil bupati dalam menjadikan Mimika sebagai smart city," ujarnya. (Ronald)

Top