Bupati Omaleng Optimis Penularan Covid-19 di Mimika Akan Terus Menurun

Bupati Omaleng bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika

MIMIKA, BM

Bupati Mimika Eltinus Omaleng merasa optimis bahwa penularan Covid-19 di Mimika akan terus mengalami penurunan paska diberlakukannya Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD).

Kepada Tim Gugus Tugas dan awak media di pertigaan Jalan Cenderawasih-Budi Utomo, Bupati Omaleng menyampaikan hal ini.

“Kalau seperti ini kita pertahankan 14 hari maka virus ini akan menurun, kita harus pertahankan ini yang penting kita harus siapkan bama untuk masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Eltinus menyampaikan hal ini karena sebelumnya ia melakukan lawatan di seputaran Kota Timika guna melihat bagaimana pelaksanaan PSDD dan kepatuhan masyarakat Mimika terhadap kebijakan ini.

Dimulai dari SP II dan Jalan Cenderawasih, Bupati Omaleng mendatangi gorong-gorong, Pasar Lama, Timika Mall, SP1-SP4, Jalan Hasanuddin, Budi Utomo, Ki Hajar Dewantara, Jalan Yos Sudarso, Pasar Sentral, hingga tembusan SPV -SP II.

“Saya sudah mutar-mutar keliling saya hampir tidak lihat masyarakat kumpul-kumpul atau lewat di jalan seperti biasanya. Ada tapi itu juga petugas dan satu dua warga yang mungkin belum tahu. Merekapun kerjasama ketika diberi sanksi melakukan rapid tes,” ujarnya.

Kepada Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penularan Covid-19 yang di dalamnya termasuk TNI-Polri, Bupati Omaleng menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kerjasama dan kegigihannya selama ini dalam menyadarkan masyarakat.

“Masyarakat kita sekarang sudah paham tentang penularan virus corona sehingga pada hari ini ketika kita berlakukan instruksi gubernur yang dilanjutkan dengan instruksi bupati, masyarakat sudah tertib dan patuh. Secara pribadi saya mau sampaikan terimakasih untuk seluruh masyarakat Mimika atas pengertian, kepatuhan dan kerjasama ini. Kalau kita semua ikuti instruksi yang ada, kita akan cepat terbebas dari virus corona,” ungkapnya.

Bupati juga mengakui bahwa belum semua masyarakat Timika menerima bantuan bahan makanan yang di diberikan pemerintah daerah. Ada yang sudah dapat, ada yang belum namun ada juga yang dapat double. Terkait hal ini ia sudah banyak menerima laporannya.

“Saya akui bahwa belum semua masyarakat Mimika menerima bantuan. Tapi kami mau masyarakat percaya bahwa semua pasti akan dapat, prosesnya tidak sekaligus dan bertahap sehingga yang belum dapat pasti akan dapat. Ini tugas dan tanggungjawab kami,” ungkapnya.

“Karena distribusi juga kadang jalan tidak sesuai jadi bantuan bama berikutnya kita akan ubah sistemnya. Kita akan lakukan secara door to door atau secara langsung ke masyarakat, tidak usah lagi drop pakai truck, kumpul di satu tempat baru bagi, ini tidak lagi. Kita akan bagikan secara langsung dengan mendatangi rumah-rumah,” tegasnya. (Ronald

 

 

 

 

Top