Jenny Usmani : Belajar Dari Rumah, Guru Harus Menjelaskan Hasil Pekerjaan Siswa

Pertemuan kepala-kepala sekolah negeri bersama kepala dinas

MIMIKA, BM

Proses belajar dari rumah yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama pandemi Virus Corona (Covid-19) yang dimulai sejak pertengahan Maret 2020 hingga saat ini harus benar-benar diterapkan oleh semua sekolah agar siswa tidak ketinggalan mata pelajaran.

Salah satu cara yang dilakukan agar proses belajar selalu aktif di masa ini adalah para guru selalu memberikan tugas kepada anak didiknya melalui grup whatssap kelas.

Metode memberikan tugas kepada siswa ini menjadi perhatian Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jenny O Usmany. Jenny meminta guru untuk tetap menjelaskan hasil pekerjaan siswa agar siswa tahu dimana letak kesalahannya.

Jika guru hanya memberikan tugas dan tidak melakukan koreksi atau feedback atas pekerjaan siswanya, maka guru tidak akan tahu sejauh mana daya serap anak didiknya terhadap tugas yang diberikan.

“Awalnya disepakati bahwa kita menunggu sampai masuk baru guru kumpul pekerjaan siswa, namun karena masa belajar di rumah diperpanjang maka kita ambil langkah bahwa apa yang dikerjakan anak-anak lewat tugas, harus dikembalikan kepada guru,"tutur Jenny saat diwawancarai di SMPN 2 usai melakukan pertemuan dengan kepala sekolah negeri, Rabu (29/4).

Jenny Usmani meminta guru sekolah negeri tidak boleh cuek terhadap proses pembelajaran yang dilakukan saat ini, karena bagaimanapun anak yang sekolah di sekolah negeri harus tetap mendapatkan layanan pendidikan seperti anak yang sekolah di sekolah swasta.

"Harus selalu ada kontrol karen kita sekolah negeri yang sekolahnya gratis jadi banyak siswa yang orang tuanya tidak mampu tapi bukan berarti tidak mendapatkan layanan. Jadi langkah-langkah ini yang akan kita ambil yakni rutin lakukan koreksi dan jelaskan pekerjaan siswa kembali agar mereka lebih mengerti,” ungkapnya. (Shanty)  

 

 

 

 

Top