Kampung Nawaripi Buka Bengkel Wadahi Lulusan BLK Merah Putih


Lokasi pembangunan bengkel Nawaripi

MIMIKA, BM

Kampung Nawaripi segera membuka sebuah bengkel untuk mewadahi peserta lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Merah Putih yang belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Hal itu disampaikan Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun saat ditemui di lokasi pembangunan bengkel, Kamis (11/5/2023).

"Sekarang kita mulai buka bengkel untuk mengantisipasi anak-anak yang tamat dari BLK. Jadi kalau nantinya belum dapat kerja, dia bisa kerja di sini dulu," jelas Norman, sapaan akrabnya.

Dikatakan bahwa bengkel tersebut terdiri dari tiga bidang, yakni bengkel motor, bengkel mobil, dan bengkel las. Adapun anggaran yang disiapkan untuk operasionalnya senilai Rp50 juta.

"Loker ini transparan, terbuka untuk semua tapi kami akan terima dulu yang dari Nawaripi. Kalau ada yang memang mau, dia bisa ajukan lamaran ke desa. Kita akan lihat mana yang bagus, kita terima," imbuhnya.

Untuk masing-masing bidang, lanjut Norman, dibutuhkan satu tenaga profesional yang mana nantinya akan menjadi pengawal pengawal pekerjaan harian, yakni para lulusan BLK Nawaripi.

Lebih lanjut Norman mengakui bahwa hampir sebagian besar lulusan BLK Nawaripi belum mendapatkan pekerjaan tetap di perusahaan.

Menurutnya yang menjadi kendala adalah banyak anak-anak tamatan BLK Nawaripi yang tidak memiliki ijazah sekolah.

"Sertifikat sudah ada, keahlian sudah ada, tapi ketika kita mau kirim mereka kerja di perusahaan, mereka tidak ada ijazah. Ini yang jadi kendala, makanya saya harus pikir bagaimana supaya tahun ini saya harus kasih mereka ujian paket supaya mereka bisa kerja dan sertifikat ini bisa dipake," pungkasnya. (Endi Langobelen) 

Top