Perdana, Disperindag Mimika Gelar Metrologi Goes to School

Kepala Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen pada Disperindag Mimika, Suharso, membawakan sambutan dalam kegiatan Metrologi Goes to School

MIMIKA, BM

Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) secara perdana menggelar kegiatan Metrologi Goes to School.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/6/2023) pagi di SMA Negeri 2, SP5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kepala Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen pada Disperindag Mimika, Suharso, mengatakan bahwa program ini bertujuan mengedukasi siswa-siswi tentang apa itu metrologi dan juga memberikan pemahaman terkait alat-alat timbang yang telah dilakukan tera ulang.

"Kita lakukan di sekolah karena kita sudah beberapa tahun ini lakukan di kota, di para pengusaha. Namun, kita masih banyak temukan kejanggalan pada alat timbangannya, di mana alat timbang yang sudah ditera kadang kala tidak dipakai," jelas Suharso.

Oleh karena itu, lanjut Suharso, Disperindag mencoba untuk mengedukasi anak-anak sekolah agar nantinya ketika berbelanja bersama orang tuanya, anak-anak tersebut bisa mengetahui alat timbang mana yang seharusnya digunakan oleh pedagang.

"Minimal kita perkenalkan alat timbang yang sudah ditera itu yang ada capnya. Dan karena ini baru pertama kali, mudah-mudahan ke depan nanti kita lakukan lagi di SMA atau SMP lainnya. Dengan begitu kan secara tidak langsung kita turut memberikan perlindungan kepada konsumen," ungkapnya.

Terkait materi yang diberikan dalam sosialisasi ini, Suharso menyebutkan bahwa pihaknya lebih fokus memberikan pemahaman tentang alat ukur yang digunakan di tempat-tempat umum seperti SPBU, bandara, pasar, dan sebagainya.

Di samping itu, Victoria Lobya selaku Kepala SMA Negeri 2 mengucapkan terima kasih kepada Disperindag Mimika yang telah memilih SMA Negeri 2 sebagai sekolah pertama untuk pelaksanaan program Metrologi Goes to School ini.

"Atas nama seluruh dewan guru dan siswa-siswi SMA Negeri 2, kami berbahagia dan bersyukur bahwa hari ini pemerintah melalui Disperindag memberikan sosialisasi yang sangat berguna atau bermanfaat untuk kehidupan kami," ucapnya.

Kepada putra-putri didiknya, Victoria berharap dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga apa yang disampaikan dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini materi yang sangat baik. Jadi, ke depannya mereka bisa salurkan ke masyarakat sekitar, bisa ke teman-teman, orang tua, tetangga, dan siapa saja agar kita sebagai konsumen bisa lebih terlindungi," tutupnya. (Endi Langobelen)

Top