Lakukan Reses Tahap III, Yulian Solossa Sampaikan Hasil Perjuangan Dewan di Bidang Pendidikan

Pose bersama Anggota DPRD Mimika, Yulian Solossa, dengan pihak SMK Hermon Timika dan STKIP Hermon Timika

MIMIKA, BM

Anggota DPRD Mimika, Yulian Solossa, S.Sos., M.Si., melakukan reses tahap III tahun 2022 di Kampus STKIP Hermon Timika, Jalan Budi Utomo Ujung, Timika, Papua Tengah, Kamis (15/12/2022).

Reses tahap III ini turut dihadiri beberapa pihak, diantaranya Kepala SMK Hermon Timika beserta jajaran dan pihak Kampus STKIP Hermon Timika bersama beberapa mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) itu menyampaikan berbagai hal terkait sejumlah aspirasi yang telah diperjuangkan semaksimal mungkin hingga membuahkan hasil yang positif.

"Saya mau sampaikan bahwa kami hadir di dewan ini bicara semua pendidikan, baik perguruan tinggi maupun mulai dari PAUD sampai SMA dan SMK. Kita bersyukur karena kehadiran kita di sana, lima kampus yang ada di Mimika ini semua dapat bantuan dana. Termasuk kampus kita," ujarnya.


Selama ini, kata dia, perhatian kepada perguruan tinggi tidak ada sama sekali. Namun, setelah diupayakan lewat pokir, akhirnya beberapa kampus mendapatkan dana bantuan.

"Sekarang di APBD induk ini, di KUA PPAS juga telah dianggarkan (dana bantuan) untuk dibagikan dalam waktu dekat melalui SDM," tuturnya.

Yulian mengungkapkan bahwa anggaran untuk bidang pendidikan terbilang cukup besar. Khusus untuk TK hingga SMP senilai Rp1 triliun lebih.

"Kemarin awalnya Rp800 juta lebih. Setelah masuk di perubahan, kita tambah Rp200 juta lebih menjadi Rp1 triliun lebih untuk dana pendidikan. Itu Kepala Dinas Pendidikan yang kelola sekarang. Kita berdoa supaya di tahun 2023, perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Mimika pun dapat," katanya.

"Jadi intinya saya duduk di dewan itu saya bicara semua secara makro, semua pendidikan. Nah, secara internal ke dalam itu yang bapak sudah atur. Sudah atur dalam arti bahwa masuk di pokir-pokir. Itu yang sekarang kita sudah mulai kerjakan perlahan-perlahan," imbuhnya.

Yulian menyebutkan, untuk tahun ini, SMK Hermon Timika dan STKIP Hermon yang bernaung di bawah Yayasan Hermon mendapatkan bantuan berupa perpustakaan, air bersih, dan pagar keliling.

"Juga terkait tentang pengaspalan jalan masuk ini, dalam waktu dekat Januari 2023 sudah berjalan (pengerjaannya). Kemudian bapak ada ajukan kita dapat laptop kurang lebih 50. Sudah itu yang bapak sudah perjuangkan," ucapnya.

Selain itu, bahwa untuk bidang pendidikan secara umum, ada beberapa SD di sekitaran Kota Timika bakal dirombak.

"Jadi kita punya harapan untuk terus mendukung visi misi bupati dan wakil bupati. Kita berdoa juga supaya guru-guru honorer bisa diangkat jadi pegawai negeri. Intinya kita harus selalu membangun komunikasi supaya semua dapat bersinergi dan senantiasa kompak," pungkasnya. (Endi Langobelen)

Top