TK Kartika VI-31 Kembangkan Motorik Siswa Melalui “Tepung Party” di KFC Gelael

Foto Bersama Guru dan Siswa TK Kartika Kelas B1

MIMIKA, BM

Motorik menjadi tolak ukur untuk dapat melihat dan memantau perkembangan anak. Melihat pentingnya hal tersebut, TK-Kartika VI-31 Mimika melaksanakan kegiatan “Tepung Party” di KFC Gelael pada Senin (5/12/2022).

Mengembangkan motorik anak diluar kelas dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi para siswa karena menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Siapa yang tidak mengenal Kentucky Fried Chicken (KFC), anak-anak kerap menyukainya.

Kepada BeritaMimika, Wali Kelas B1 Ibu Junita mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan bagi para siswa untuk melihat secara langsung proses pembuatan ayam KFC.

“Anak-anak diajak touring kitchen dan diajarkan praktek cara membuat ayam KFC secara mandiri. Praktek langsung ini dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak ketika anak-anak diberi arahan oleh kaka di KFC bagimana langkah-langkah membuat ayam KFC,” tuturnya.

Lanjutnya, perkembangan fisik dan motorik terjadi saat siswa menggunakan tangannya sendiri untuk membuat ayam KFC seperti memasukan ayam kedalam tepung, kemudian diremas-remas dan dicelup kedalam air. Kemudian, anak-anak memasukan kembali ayam ke dalam tepung, diremas untuk kemudian di goreng dan dinikmati bersama.

“Dengan begitu, jari-jari tangan anak-anak jadi tidak kaku. Yang nantinya pada saat tahap literasi awal yaitu cara memegang pensil maka jari-jari sudah lemas dan tidak kaku,” imbuhnya.

Junita menambahkan dengan kegiatan tersebut anak-anak juga bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan petugas yang ada di KFC.

“Harapannya untuk anak-ana TK Kartika dimana dalam Kurikulum Merdeka Belajar TK berada di fase fondasi sehingga diharapkan kedepannya anak-anak bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, mandiri dan akan menjadi kenangan masa kecil yang tidak akan terlupakan bagi mereka,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten Manager KFC Gelael Timika Andhika Akbar mengatakan even Tepung Party merupakan program KFC yang dilakukan setiap bulan selain Burger Party.

“Tujuan dari event kami ini mengajak teman teman sekolah terutama taman kanak-kanak untuk mengenal lebih jauh lagi tentang KFC dan mengedukasi. Untuk saat ini Tepung Party dan Burger Party target kami teman-teman yang di sekolah, next time event (even selanjutnya-red) akan kita kembangkan. Terimakasih anak-anak TK Kartika sudah datang ke KFC,” ungkapnya. (Elfrida Sijabat)

Top