Peringati Hari Pahlawan, KNPI Mimika Gelar Seminar Pemuda Hadirkan Motivator Mery Riana

Foto bersama para peserta kegiatan

MIMIKA, BM

Generasi muda adalah tombak bagi kemajuan suatu bangsa. Untuk itu, anak-anak muda saat ini harus memahami apa yang dapat mereka lakukan melalui bakat dan minat mereka.

Generasi muda harus terus berkarya untuk kemajuan bangsa.

Untuk itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mimika berkolaborasi dengan KONI Mimika menggelar seminar Pemuda dalam rangka memperingati hari Pahlawan.

Seminar tersebut menghadirkan motivator wanita muda Mery Riana.

Motivator diperlukan untuk sumber semangat demi meraih keinginan yang dicapai dalam berbagai bidang kehidupan.

Selain hadirkan motivator Mery Riana, seminar ini juga dimeriahkan oleh band-band lokal dan penyanyi Mace Purba.

Tidak hanya itu, ada pula sharing experience dari atlet Mimika peraih medali PON XX 2021.

Seminar ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada generasi muda bahwa penting untuk mengetahui potensi diri sendiri.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kesbangpol Mimika, Yas Selamat Purba yang berlangsung di Mimika Sport Complex (MSC), Rabu (10/11).

Yan Selamat Purba dalam sambutannya mengatakan, NKRI tidak akan berdiri menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

"Sejarah bangsa dan negara Indonesia mencacat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat, komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan," kata Purba.

Usia kemerdekaan Indonesia saat ini telah menginjak 76 tahun, peringatatan hari pahlawan tahun 2021 ini mengambil tema besar "Pahlawanku ! Inspirasiku".

Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri.

"Untuk itu tema 'Pahlawanku, Inspirasiku' Diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan, akan selalu terpatri di "dada" setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa dan juga menjadi momentum membangkitkan semangat serta mengelorakan rasa Nasionalisme yang kuat sesama anak anak Bangsa," harapnya.

Sementara Ketua KNPI Mimika, Michael R Gomar mengatakan, Kegiatan peringati hari Pahlawan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara DPD KNPI Mimika bersama KONI Mimika. Kegiatan ini di sponsori Pemda Mimika dan PTFI.

"Kegiatan ini juga kami hadirkan ketua-ketua organisasi kemasyarakatan, paguyuban, kerukunan dan lainnya untuk bersama-sama berkolaborasi untuk mendapatkan motivasi, mendengar aspirasi dan juga perjuangan-perjuangan para pahlawan kita di tingkat lokal, nasional baik itu para atlet, wasit dan juga legenda olahraga di Mimika," kata Gomar.

Gonar berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi baru, memotivasi bagi semua para pemuda-pemudi Kabupaten Mimika untuk terus berjuang demi suksesnya masa depan para pemuda-pemudi di Mimika.

Selanjutnya, Ketua KONI Mimika, Cesar
momentum hari ini disinergikan dengan keberhasilan para atlet di Mimika dalam mencapai prestasi pada PON XX. Pencapaian prestasi itu tidak mudah, butuh perjuangan dan dukungan dari semua pihak.

"Momentum inilah kita pakai sebagai kebangkitan untuk kemajuan para pemuda-pemudi yang merupakan generasi penerus dalam era pembangunan ini," tuturnya.

Kata Cesar, perjuangan para atlet yang bisa mempertahankan masa kejayaan olahraga di tanah Papua pada kegiatan PON kemarin sehingga membuat Papua masuk 4 besar merupakan bagian dari perjuangan pahlawan.

"Saya berharap dalam pencapaian-pencapaian prestasi, ini bukan terjadi seperti itu saja," ungkapnya. (Shanty)

Top