Pemda Mimika akan Bangun Kampus Uncen di Timika

Sekda Mimika, Michael R Gomar

MIMIKA, BM

Kabupaten Mimika sangat membutuhkan salah satu perguruan tinggi yang representatif, sehingga tahun ini Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika akan melaunching program studi di luar kelas utama Uncen di Kabupaten Mimika.

"Jadi itu nanti kelas 2 Kampus kedua di Mimika," tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael Gomar saat ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (16/9).

Sekda Gomar mengatakan, semua mahasiswa Uncen yang bekerjasama dengan Uncen Jayapura selama ini melakukan kuliah jarak jauh.

Namun sesuai aturan dari Kementerian Pendidikan sudah tidak ada lagi kuliah jarak jauh yang kini diganti dengan sebutan program studi diluar kampus utama.

"Sehingga kita akan menyiapkan kelas atau kampus kedua yang dipusatkan di Timika. Kemarin sudah dibangun di Kepulauan Yapen di Kabupaten Biak dan kedua nanti di Mimika untuk kelas ataupun kampus kedua dari Uncen yang berpusat di Kampus Uncen di Jayapura," tutur Sekda Gomar.

Rencana Pemda Mimika membangun kampus perguruan tinggi Uncen untuk kampus kedua di Timika dilakukan mulai tahun depan.

"Walau baru mulai dibangun tahun depan namun sesuai petunjuk bapak bupati, kita akan launching tahun ini," ujarnya.

Dengan adanya kampus kedua di Timika, maka mahasiswa yang selama ini melakukan kuliah keluar daerah akan dimudahakan dengan tetap berkuliah di Mimika.

"Untuk program studinya ada kesehatan masyarakat, pendidikan, teknik dan ekonomi. Nanti mereka dari Uncen yang akan melakukan assesment sesuai dengan program studi apa yang dibuka karena sesuai dengan kebutuhan daerah nanti," tuturnya.

Katanya, di Timika ada teknik pertambangan, jadi untuk beberapa fakultas akan terinput dalam program studi tersebut.

"Fokus nanti ke strata satu (SI) untuk semua program studi. Lokasi kita rencanakan di SP 5. Jadi nanti pihak Uncen Jayapura akan turun untuk melaunching kampus kedua dengan Dirjen Pendidikan," ungkapnya. (Shanty)

Top