Wartawan BeritaMimika, Juara Foto Jurnalistik Kapolres Mimika Award 2021

Foto bersama wartawan pemenang lomba karya jurnalis dengan Kapolres Mimika, Waka Polres dan Kabag Ops

MIMIKA, BM

Wartawan kriminal BeritaMimika, Ignasius Istanto terpilih sebagai juara 1 Lomba Foto Jurnalistik Kapolres Mimika Award tahun 2021.

Selain Tanto, Juara II diraih Moch Sahirol Layeli ( Fajar Papua) dan juara III diraih oleh Selfianto Pakiding (Seputar Papua).

Lomba karya jurnalis ini merupakan salah satu rangkaian HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021 yang terbagi atas lomba foto jurnalis, karya tulis dan berita video.

Untuk kategori berita video, juara I diraih Igo Batmolin (SCTV), juara II Kristin Rayar (MCTV Papua) dan juara III diraih oleh Natan Making (media A News).

Sementara kategori karya tulis juara I Saldi Hermanto (media SP), juara II Irsul Panca Aditra (Kompas) dan juara III Tery Leisubun (Metro TV).

Pada saat diumumkan pemenang dan pembagian hadiah yang dilangsungkan di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (7/7) Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Adhinata mengatakan ke depan akan meningkatkan kualitas dan penilaian dalam lomba.

"Lomba tiga kategori karya jurnalis ini sudah berhasil dilaksanakan. Ke depan nanti hal ini akan lebih ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas juri dan kualitas lomba," ungkap Kapolres Era seusai menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

Kapolres mengatakan ini merupakan lomba karya jurnalis pertama yang diselenggarakan oleh Polres Mimika yang bersifat prematur.

"Kita mencoba formulanya sehingga ke depan kita akan lakukan lebih baik. Kita menghargai bahwa keberadaan jurnalis sangat berpengaruh membuat masyarakat menjadi lebih baik dan sangat berpengaruh dalam hal meningkatkan kualitas kerja kami sebagai polisi," ujar Era.

Iapun berharap lomba ini menjadi suatu hal yang bermakna positif untuk lebih memacu dan menjadi motifasi bagi wartawan di Mimika untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

"Karena namanya perlombaan adalah bertujuan untuk menilai sebatas mana kemampuan dalam hal jurnalis. Hal ini bukan hanya terkait jurnalis saja, tapi terkait hal-hal lainnya," ucap Era.

Pimpinan media BeritaMimika (BM), Ronald Renwarin memberikan apresiasi kepada Polres Mimika. Menurutnya, apa yang dilakukan polisi menunjukan bahwa instansi tersebut ingin para wartawan di Mimika berkembang dan semakin mengasa diri menjadi lebih baik.

"Ini satu hal yang luar biasa dan sangat kami apresiasi. Bukan pada siapa yang menjadi juara pada tiga kategori lomba itu tapi bagaimana setiap wartawan mampu mengembangkan diri dalam setiap karya yang dibuatnya," ungkapnya.

Menurutnya, Polres Mimika sejauh ini mampu membangun komunikasi yang balance serta hubungan institusi yang baik dengan media di Mimika sebagai partner pembangunan.

"Bagi kami berkesan dan sangat memacu para wartawan untuk berkompetisi secara sehat namun tetap saling menghargai dan menjaga kekompakan media di Timika. Dulu PTFI juga membantu media dengan melakukan Ujian Kompotensi Wartawan (UKW) sekarang Polres Mimika adakan lomba karya jurnalis," ujarnya.

Ronald mengatakan, pada Lomba Karya Jurnalis Kapolres Mimika Award ini, BeritaMimika hanya mengirimkan satu wartawan untuk mengikuti lomba tersebut.

Saat mendaftar, wartawan Tanto mengirimkan karya foto jurnalistik dan karya tulis namun yang dibolehkan panitia adalah 1 wartawan hanya 1 kategori sehingga yang dinilai hanyalah karya foto.

"Puji Tuhan, Tanto juara. Ini merupakan motivasi bagi wartawan dan bagi kami BeritaMimika untuk perlahan menjadi lebih baik dalam berkarya untuk membangun diri dan membangun Mimika yang kita cintai bersama," ungkapnya. (Red)

Top