Gubernur Enembe dan Bupati Omaleng Terima Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI 2022

Foto bersama usai penyerahan penghargaan oleh Menpora Zainal Amali

KENDARI, BM

Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng menerima penghargaan ‘Inisiator Olahraga Indonesia 2022 dari Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI).

Selain Enembe, enam gubernur lainnya bersama sejumlah walikota serta bupati, anggota legislatif dan KONI di daerah juga menerima penghargaan tersebut.

Para gubernur yang meraih penghargaan ini adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Ali Mazi Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Syamsuar Gubernur Riau, Zainal Arifin Paliwang Gubernur Kalimantan Utara dan Arinal Djunaidi Gubernur Lampung.

Sementara bupati dan walikota adalah Mohammad Bobby Nasution Walikota Medan, H. Nanang Ermanto Bupati Lampung Selatan, H Muhamad Taher Hanubun Bupati Maluku Tenggara, H. Fandi Akhmad Yani, Bupati Gresik dan H. Marten A. Taha Walikota Gorontalo dan Eltinus Omaleng Bupati Mimika.

Penghargaan ini juga diberikan kepada anggota legislatif/eksekutif yakni H. Abdurrahman Saleh Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Rahmat Mirzani Djausal Anggota DPRD Lampung, Jhony Banua Rouw Ketua DPR Papua.

Sementara Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI 2022 kepada Ketua KONI Daerah, diberikan kepada H Muhammad Nasir Ketua KONI Kalimantan Utara, Nizar Rahmatu Ketua KONI Sulawesi Tengah, H. Ahmad Saefudin Ketua KONI Jawa Barat, Eddy H Sibarani Ketua KONI Sumatera Utara dan Kenius Kogoya Sekretaris KONI Papua.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) H. Zainal Amali, didampingi Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan Sekretaris SIWO PWI Pusat Suryansyah.

Penghargaan ini merupakan satu dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 76 tahun 2022 yang dilaksanakan di Ball Room Plaza In Hotel, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2/).

Dalam sambutannya, Menpora memberikan apresiasi kepada SIWO PWI yang telah memotivasi pembinaan prestasi olahraga nasional melalui pemberian penghargaan Inisiator Olahraga kepada para tokoh olahraga.

Menurut Menpora, pemerintah kini telah menerbitkan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Pasalnya, DBON ini lahir berawal dari kerisauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat prestasi olahraga nasional yang ada selama ini.

Walaupun menang ada muncul pretasi, tapi itu belum dilakukan by desain. Prestasi-prestasi yang muncul kita dapatkan dengan by insidental.

“Ada orang yang punya bakat atau talenta kemudian dibina dia berhasil mengangkat nama Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di kanca olahraga internasional, baik single event maupun multi event. Tapi itu tak berkesinambungan. Itu yang kita temukan by insidental kebetulan dia berbakat dia punya talenta,” tegas Menpora.

“Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami tak boleh lagi cara kita mengelolah olahraga seperti ini. Beliau memerintahkan kepada saya untuk mereview total ekosistem pembinaan olahraga nasional," ungkapnya.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengatakan pihaknya memberikan penghargaan kepada para tokoh olahraga, terutama tujuh gubernur yang menjadi penggerak pembinaan olahraga.

"Kalau hari ini kita lihat tujuh gubernur inilah yang mendapat penghargaan. Dari mana kita bisa melihat ini tujuh gubernur paling tidak berprestasi di PON, kemudian anggarannya juga lumayan untuk olahraga,” tuturnya.

Atal berharap para gubernur tidak pelit untuk mengalokasikan anggarannya pada olahraga, karena olahraga membutuhkan dukungan anggaran dan olahraga ini selalu tampil membuat bangga.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery A Yudianto menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam hal ini Gubenur Papua sangat berterima kasih atas apresiasi Inisiator Olahraga yang diberikan SIWO PWI Pusat.

Menurut Jery, penghargaan ini sebenarnya merupakan keberhasilan bersama semua pihak, terutama Gubermur Papua sebagai inisiator olahraga.

"Beliau orang yang sangat kuat dalam kepemimpinan, kemudian konsen dalam tujuan untuk mencapai visi misinya,” ucapnya.

Dikatakan, semenjak periode pertama beliau menjabat Gubernur Papua ia mempunyai visi kedepan yakni konsen untuk Papua ditingkatkan dalam pelbagai hal, termasuk dalam dunia olahraga.

Jery mengatakan perhelatan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 di Papua adalah salah satu wujud dari keseriusan Gubernur Papua dalam mengangkat Papua di mata nasional maupun internasional.

"Dan itu tak muda, butuh proses yang panjang, tapi kita lihat hasilnya. Selain membangun infrastruktur di bidang olahraga, pak Gubernur juga membangun bidang yang lain,” pungkasnya. (Red)

Top