'Langkah Kecil' Bola Tangan di PON XX

Euforia para penonton, yang merupakan supporter, Tim Bola Tangan Papua, saat pertandingan di lapangan Futsal SP, Senin (11/10) (FOTO: Humas PPM/Mayero C Sarioa)

MIMIKA, BM

Olahraga Bola Tangan, memulai “Langkah Kecil” pertamanya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dimana Mimika didapok menjadi tuan rumah penyelenggaranya.

Olahraga yang pertama kali dimainkan pada zaman Yunani kuno tersebut, terbilang cukup sukses berjalan hingga babak semifinal dengan tujuh peserta dalam babak penyisihan yang diikuti oleh Papua, DKI Jakarta, jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Sumater Barat.

Bola tangan dimainkan hampir sama dengan futsal. Bedanya mereka bermain menggunakan tangan dengan jumlah pemain sebanyak tujuh orang termasuk kiper, dengan waktu permainan dua kali 30 menit dengan beberapa posisi pemain seperti Right Back, Center Back, Left Back, Right Wing, Pivot, dan Left Wing.

Pada perhelatan PON XX Papua, sejauh ini bola tangan sudah mencapai babak semifinal, dan selama penyisihan hingga babak empat besar yang mempertemukan tim Putri Kalimantan Timur melawan DKI Jakarta dan Jawa Barat bertemu Papua, kemudian putra yang mempertemukan Jawa Barat melawan Jawa Tengah serta Kalimantan Timur berhadapan DKI Jakarta bisa dibilang cukup sukses.

Babak semifinal diprediksi akan seru sebab selain tim tuan rumah yang lolos, siapapun tim yang akan meraih medali emas akan menjadi tim pertama yang berhasil meraihnya dalam ajang PON, hal ini menjadikan pertandingan bola tangan layak untuk diikuti, kendati Olahraga beregu ini kurang populer di Papua bahkan Indonesia.

Hasil pada babak penyisihan pun menunjukan sengitnya pertarungan di semifinal sebab tercatat, ada tiga tim yang belum terkalahkan dalam babak penyisihan kategori putra yakni Kalimantan Timur dan Jawa Tengah yang mencatatkan satu seri dan menang, serta Jawa Barat yang bahkan berhasil melakukan sapu bersih alias menang dalam dua laga secara beruntun.

Sementara untuk tim putri Jawa Barat menjadi satu-satunya tim yang berhasil melakukan sapu bersih, diikuti oleh Papua dan DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur yang berhasil lolos karena selisih gol yang lebih baik dari lawan-lawan mereka.

Jadi siapakah yang akan melaju ke babak semifinal? sang tuan rumah dengan dukungan penuh suporternya atau Kalimantan Timur, DKI Jakarta dan Jawa Barat yang berhasil mengirimkan dua perwakilannya? bisa juga Jawa Tengah yang pada babak penyisihan beregu putra berhasil mecatatakan hasil imbang serta sekali menang. (Humas PPM/Aji dan Linda)

 

Top