Taklukkan Sumut di Final, DIY Sabet Emas Pertama dari Biliar

Pebiliar DIY Gebby Adi Wibawa Putra berhasil meraih medali emas setelah menaklukkan pebiliar Sumut Marlando Sihombing di final nomor 15 reds snooker, berlangsung di Venue Billiar Mimika, Jumat (8/10/2021). /Foto: Humas PPM/ Sevianto Pakiding

MIMIKA, BM

Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya berhasil meraih medali emas, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dari cabang olahraga biliar yang berlangsung di Venue Biliar Mimika, Jumat (8/10).

DIY menang dua angka setelah menaklukkan Sumatera Utara (Sumut), yang harus puas mendapat medali perak.

Di partai final ini, DIY menurunkan Pebiliar andalan mereka, Gebby Adi Wibawa Putra. Adi berhasil mengalahkan pebiliar Sumut, Marlando Sihombing pada kelas Snooker atau English Biliar nomor 15 reds snooker dengan skor 3-1.

Perolehan emas ini merupakan emas pertama dari cabang olahraga biliar untuk DIY yang sebelumnya hanya bisa meraih perunggu.

Pelatih Biliar DIY, Adib Daoudy mengatakan, ini adalah medali emas pertama dari kelas snooker nomor 15 reds snooker single putra.

"Kita sudah bertanding di 6 kelas dan kita sudah mendapat 1 emas dan 2 perunggu," katanya.

Adib mengatakan, medali perunggu didapatkan pada kelas poll nomor 15 ball double putra dan 15 ball single putra.

Sementara, Gebby peraih medali emas ini adalah atlet nasional, yang bermain di SEA Games Filipine 2019.

"Gebby ini salah satu atlet andalan yang ditarget emas oleh KONI DIY," ungkapnya.

Pada ajang PON ini, DIY diperkuat 6 atlet terbaik mereka yakni Gebby Adi Wibawa Putra (snooker putra), Wisnu Eko Marsudi (pool putra 10 ball single dan 15 ball double) serta Iwan Aprianto (pool putra 9 ball single dan 15 ball double).

Selain itu, Agus Deser Efendi (pool putra 10 ball single dan 15 ball double), Widi Harsoyo (pool putra 9 ball single dan 15 ball double), dan Lafitri Panca Wardani  (pool putri 9 dan 10 ball).

"Total atlet kami ada 6 dan kami ikut empat kelas. Kita sudah dapat 3 medali jadi kita masih punya 2 nomor lagi untuk memperebutkan medali emas. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan 1 emas lagi," harapnya.

(Humas PPM/Shanty Sang/Sianturi)

Top