Kirab Api PON Lewati Lima Wilayah Adat di Papua! Kapan Masuk Mee Pago?

Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda

MIMIKA, BM

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 digelar mulai 2-15 Oktober 2021 mendatang. Dan kirab api PON dijadwalkan akan melewati 5 wilayah adat Papua.

Diawali dari Sorong, Papua Barat menuju 5 kota lainnya di Provinsi Papua yakni Biak, Merauke, Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Demikian dikatakan Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda kepada wartawan di Hotel Cenderawasih 66, Senin (20/9).

"Api PON itu akan diambil dari Sorong pada tanggal 27 September 2021 kemudian mulai diarak ke 5 kota lainnya. Pemerintah Papua Barat akan menyerahkan kepada saya, saya akan berada di sana nanti tanggal 27 kami akan terima Api PON dan langsung putar kota Sorong setelah itu menuju bandara ke Biak," tutur Yunus.

Yunus mengatakan, api PON akan bermalam di Biak dan akan dilakukan road show di Biak. Setelah itu, pada tanggal 28 September menuju Mimika dan akan disambut Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang kemudian diarakan keliling Kota Timika.

Sehari setelahnya, tanggal 29 September menuju Wamena dilanjutkan ke Merauke 30 September dan tiba di Jayapura pada tanggal 1 Oktober.

"Sampai di Jayapura langsung ke wali kota dulu untuk berkeliling lalu wali kota akan serahkan ke gubernur Papua yang terima di tanggal 1 Oktober malam sekaligus makan malam dengan seluruh kontingen di gedung negara," ujarnya.

Tanggal 2 Oktober, Gubernur Enembe akan menyerahkan kembali ke wali kota Jayapura kemudian diserahkan ke bupati Jayapura. Setelah itu dilakukan perarakan keliling kota Jayapura menuju Sentani mengikuti Danau Sentani.

"Saya akan terima di stadion Lukas Enembe untuk persiapan jam 7 malam pembukaannya," tuturnya.

Menurutnya, kirab PON XX Papua akan melibatkan TNI/Polri beserta mantan atlet-atlet Papua.

"Memang yang lakukan gebyar ini adalah TNI tapi pesawatnya kita gunakan pesawat Trigana. Dan semua mantan-mantan atlit baik itu atlit Papua, nasional semua akan terlibat. Baik yang terima di setiap klaster atau daerah," katanya.

Untuk 5 wilayah yang akan dilewati Api PON, masing-masing hanya diwakili satu daerah yakni Kabupaten Biak (Saereri), Mimika (Mee Pago), Wamena (La Pago), Merauke (Animha) dan Jayapura (Tabi). (Shanty)

Top