Venue Panjat Tebing Mimika Didorong ke Kemenpora Menjadi PPLP

Venue Panjat Tebing di Jalan Poros SP2-SP5 Timika (Foto Istimewa)

MIMIKA, BM

Venue panjat tebing menjadi kebanggan masyarakat Mimika, pasalnya setiap orang yang datang mengunjungi berdejak kagum akan keindahannya.

Venue ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki tribun permanen dan terbaik yang mampu menampung 300 penonton.

Techincal Deligate PB PON XX Papua sekaligus Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pusat Sapto Hardiono mengungkapkan bahwa kedepan venue panjat tebing di Mimika akan menjadi Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

“Kemarin dari KONI Mimika sudah mendorong hal ini ke Kemenpora, semoga bisa terwujud,” katanya.

Lanjut Hardiono, jika hal ini terwujud maka akan berdampak bagus untuk Mimika karena sumber daya manusia (sdm) terutama para atlet akan memiliki kualitas yang lebih baik dimana mereka fokus untuk belajar dan latihan tanpa terganggu dengan aktivitas lainnya.

“Venue ini menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk dalam design olahraga Indonesia panjat tebing dan itu menjadi prioritas utama di design olahraga kita. Dalam proses biasanya ada kuota di setiap PPLP yang ditentukan oleh pemerintah daerah berapa yang ingin disupport,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan PPLP sepenuhnya dari pembiayaan daerah dan pusat dibagi dua.

”Apakah atletnya yang dibiayai oleh pemda atau infrastrukturnya yang dibiayai oleh pemerintah pusat, sehingga akan dikomunikasikan nanti. Jika fasilitas sudah ada maka tinggal bagaimana menciptakan atlet yang berkualitas,” tandasnya. (Elfrida)

Top