Kabupaten Mappi Dapat Piagam Penghargaan Dari Menteri Dalam Negeri

Foto bersama pelajar dan forkompinda dengan Pj Bupati Mappi Michael R Gomar sebelum dilakukan konvoi pembagian 2000 bendera merah putih kepada masyarakat

MAPPI, BM

Gerakan Nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, berhasil dicatatkan dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang mendukung gerakan tersebut dengan ikut serta membagikan 2000 bendera merah putih kepada masyarakat.

Karena keikutsertaan ini sehingga mendapatkan Rekor MURI, Pemda Kabupaten Mappi mendapat Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan ucapan terimakasih.

Penyerahan Piagam Penghargaan Rekor MURI akan dilaksanakan pada Senin 5 September 2022 mendatang di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Perlu diketahui, selain Kabupaten Mappi, ada 12 provinsi, kabupaten dan kota lainnya di Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

Yakni Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jambi, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Papua, Kota Surabaya, Kabupaten Banggai, Kabupaten Bone, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Perlu diketahui, Gerakan Pencanangan 10 juta Bendera diprakarsai oleh Kementerian Dalam Negeri dalam memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia tahun 2022.

Pencanangan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad (Mendagri) Tito Karnavian di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Merauke, Jumat (12/08/2022).

Pada saat pencanangan tersebut, selain Pj Bupati Mappi Michael R Gomar, hadir pula sejumlah pejabat lainnya seperti Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoeldan PJ Bupati Lani Jaya.

Saat itu Mendagri Tito dalam sambutannya mengatakan Gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dilakukan pada tiga titik yakni Kabupaten Merauke, Kota Banda Aceh dan Surabaya Jawa Timur.

Ia juga menyebutkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menggugah dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan bangsa.

“Keberagaman adalah kekayaaan kita, kegiatan ini dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara,” ujarnya saat itu.

Sementara itu, terkait dengan gerakan ini, Pemda Mappi, yang dipimpin langsung oleh Pj Michael Gomar melakukan konvoi merah putih sejauh 20 kilometer untuk membagikan 2000 kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (7/8/2022) juga melibatkan OPD, forkompinda, IMI dan organisasi kemasyarakatan di Mappi.

Pembagian 2000 bendera merah putih ini dilakukan di empat kampung di Mappi yakni Kampung Ima dan Kampung Agam (Distrik Nambioman Bapai) serta Kampung Soba dan Kampung Dagimon (Distrik Obaa).

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar kepada BM saat itu juga mengatakan bahwa keterlibatan Mappi dalam gerakan ini untuk membangkitkan semangat dan rasa nasionalisme masyarakat Mappi agar semakin mencintai merah putih dan NKRI.

"In merupakan agenda nasional yang diprakarasai oleh Kementerian Dalam Negeri dalam menyonsong HUT ke-77 RI. Pemerintah pusat mencanangkan pembagikan 10 juta bendera merah putih. Dan untuk kita Kabupaten Mappi, kita ikut ambil bagian dengan membagikan 2000 bendera kepada masyarakat,” jelasnya. (Red)

Top